LAMA PENYIMPANAN OBAT SIRUP

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

untuk obat-obatan cair, berapa lama masa pakai jika segel obat sudah dibuka?

Jawaban tentang "Lama penyimpanan obat sirup"

Salam sehat Ibu Endah,


Terima ksih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Lama masa penyimpanan obat sirup, tergantung pada jenis obatnya. Untuk sirup kering yang berisi antibiotik, tidak boleh disimpan lebih dari 7 hari setelah tercampur atau diencerkan dengan air. Begitu juga dengan sirup kering yang lain, juga memerlukan perlakuan yang sama dengan sirup antibiotik. Sedangkan untuk larutan oralit yang dikemas dalam botol, tidak boleh diberikan setelah lebih dari 24 jam sejak segelnya terbuka.


Untuk obat sirup yang lain, seperti obat demam, obat batuk pilek, maupun vitamin, dapat disimpan sampai pada batas tanggal kadaluarsanya. Akan tetapi, dengan catatan obat tersebut tidak berubah rasa, warna, bau atau aroma, dan bentuknya. Serta obat tersebut disimpan dengan cara penyimpanan yang benar, seperti : simpan di tempat yang kering, bersih, terlidung dari cahaya matahari langsung, serta disimpan pada suhu ruangan. Beberapa obat memerlukan perlakuan khusus, seperti disimpan pada suhu lemari es, akan tetapi jangan disimpan pada freezer karena dapat merusak stabilitas obat. cukup diletakkan di pintu kulkas atau lemari es saja.


Meskipun demikian, mengingat resiko kontaminasi dan oksidasi yang mampu mengurangi stabilitas obat, kami sarankan obat sirup tidak disimpan dalam kurun waktu lebih dari 3 bulan.


Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Terima kasih.

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR