HIPERTENSI

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

saya mau tanya dok usia saya 33 tahun suadah menikah 8 bulan, say terkena hipertensi sekitar 5 blan ini..waktu saya tes tensi saya 140/ 20 apa saya harus mengkonsumsi obat untuk menurunkanya..yang say lakukan sekarang ini saya banyak makan buah dan jus,,serta bawang putih untuk campuran makan saya.mohon solusinya ...terima kasih

Jawaban tentang "hipertensi"

Salam sehat Bp. Adi,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.


Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.

 

Darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah melebihi tekanan darah normal (120/80 mmHg). Seseorang dikatakan mengalami tekanan darah tinggi apabila tekanan darah yang dimilikinya 140/90 mmHg ke atas.


Tekanan darah yang tinggi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain : faktor keturunan, faktor usia (semakin tua usia seseorang, semakin rentan terkena darah tinggi), kebiasaan makan makanan yang kadar garamnya tinggi, obesitas / kegemukan, kolesterol, stres, kebiasaan merokok, sering mengkonsumsi minuman yang mengandung kaffein dan alkohol, serta karena kurang berolahraga.


Untuk menghindari tekanan darah tinggi, anda dapat menerapkan pola hidup sehat berikut ini :

1.Mengurangi konsumsi garam dan vetsin, serta memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium, dan kalsium.

2.Kurangi minum minuman yang mengandung kaffein dan alkohol (bagi yang biasa minum alkohol), serta berhenti merokok (bagi perokok).

3.Olahraga secara teratur (pilih olahraga ringan seperti bersepeda, berjalan kaki, lari santai, atau berenang).

4.Konsumsi buah dan sayur yang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk.

5.Hindari junkfood dan makanan yang berkolesterol tinggi.


Sedangkan, untuk penggunaan obat penurun tekanan darah, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dapat diberikan terapi pengobatan yang tepat untuk anda. Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi suplemen herbal untuk membantu menjaga kesehatan tubuh anda, sebagai antioksidan, serta membantu memperlancar peredaran darah sehingga dapat memperkecil risiko hipertensi.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.


Terima kasih.

 

Produk terkait :


Tahitian Noni Extra Juice , Herbamon , Pacekap kapsul 50'S , Xantonin , Ace max .

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR