PENYAKIT PADA LANSIA, 5 JENIS YANG PERLU DIWASPADAI!

Usia merupakan salah satu faktor penting yang bisa mempengaruhi kesehatan seseorang. Semakin bertambah usia, maka seseorang juga akan rentan terkena penyakit. Oleh karenanya, ada beberapa penyakit pada lansia yang umum terjadi dan perlu untuk Sobat Sehat waspadai. Apalagi jika Sobat Sehat memiliki orang tersayang yang sudah berusia lebih dari 60 tahun.

Penyakit orang tua atau lansia ini bisa mengurangi kualitas hidup jika tidak ditangani dan dirawat dengan baik. Lansia sendiri merupakan kependekan dari lanjut usia yang berarti orang dengan usia di atas 60 tahun. Artinya, lansia menjadi salah satu siklus hidup manusia yang hampir semua orang pasti mengalaminya, tergantung bagaimana orang tersebut menjaga kesehatannya.

Penyakit pada Lansia yang Sering Terjadi

Seiring bertambahnya usia Sobat Sehat, maka organ-organ dalam tubuh pun akan mengalami penuaan layaknya umur. Keadaan inilah yang membuat fungsi dari organ dalam mengalami penurunan dan tidak seoptimal ketika usia masih produktif.

Dengan begitu, banyak penyakit yang biasanya dialami di usia tua, di antaranya:

1. Penyakit Kardiovaskular

Kardiovaskular biasanya berhubungan erat dengan penyakit jantung dan pembuluh darah yang menjadi salah satu silent killer. Umumnya, penyakit orang tua yang sering terjadi adalah arteri koroner, di mana ada penyempitan arteri utama yang menyalurkan darah ke arah jantung.

Kondisi tersebut dapat berkembang dari waktu-waktu dan menjadi penyebab utama serangan jantung. Selain itu, ada juga penyakit stroke, di mana terdapat gangguan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah di otak berhenti.

2. Hipertensi

Penyakit pada lansia yang sering terjadi selanjutnya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bertambahnya usia seseorang selaras dengan meningkatnya tekanan darah. Tekanan darah yang semakin tinggi ini bisa menyebabkan gangguan serius untuk jantung, ginjal, dan pembuluh darah.

Orang akan dikatakan hipertensi jika memiliki tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg.

3. Radang Sendi

Menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada 50% dari lansia yang mengalami masalah radang sendi. Artritis atau radang sendi ini membuat penderitanya sulit untuk menggerakkan beberapa bagian tubuhnya.

4. Diabetes

Penyakit diabetes ternyata menjadi penyakit pada lansia yang sering terjadi dan harus diwaspadai. CDC mengatakan bahwa 25% lansia di dunia ini hidup dengan penyakit diabetes. Sekalinya terkena diabetes, Sobat Sehat hanya bisa mengganti gaya hidup agar lebih sehat untuk mengontrol kadar gula darah.

Selain tidak dapat sembuh sepenuhnya, diabetes juga menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

5. Katarak

Penglihatan yang berkurang dan kabur mungkin sering dialami oleh para lansia di dunia ini. Namun, pandangan kabur bisa menjadi salah satu tanda akan terkena katarak. Gangguan katarak merupakan kekeruhan progresif pada lensa mata yang disebabkan oleh beberapa faktor, usia salah satunya.

Cara Menjaga Kesehatan Lansia

Berbagai penyakit pada lansia atau penyakit orang tua di atas sebenarnya dapat Sobat Sehat cegah dengan merencanakan gaya hidup sehat. Salah satunya adalah memenuhi semua nutrisi yang diperlukan tubuh.

Pemenuhan nutrisi ini bisa mendukung fungsi organ-organ dalam tubuh dan menjaga kesehatannya. Ada beberapa asupan nutrisi yang penting untuk dikonsumsi oleh para lansia, yaitu: vitamin B12, kalsium, vitamin D, magnesium, serat, lemak omega-3, dan air.

Sobat Sehat bisa mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut dari bahan pangan. Namun, jika ingin lebih mudah Sobat Sehat juga dapat mencarinya melalui suplemen dan multivitamin yang sudah tersedia di Apotek K-24.

Menggunakan suplemen atau multivitamin ini tidak hanya spesifik tapi juga bisa menghindari beberapa bahan dalam makanan yang mungkin tidak boleh dikonsumsi, seperti kolesterol. Tidak hanya itu saja, Sobat Sehat juga bisa cek kesehatan rutin di Apotek K-24, lho.

Seperti yang Sobat Sehat tahu kalau cek kesehatan (cek gula darah, cek kolesterol, cek tensi, cek asam urat) sangatlah penting bagi para orang tua (lansia). Mari selalu jaga kesehatan orang-orang tua di sekitar kita di Hari Lanjut Usia Nasional ini bersama Apotek K-24.