5 MAKANAN UNTUK PENDERITA MAAG SAAT PUASA AGAR TIDAK KAMBUH

Bagi orang yang mempunyai lambung sensitif, menu makan menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Apalagi ketika puasa, di mana penderita maag harus menahan rasa lapar dan haus selama lebih dari 12 jam sendiri. Lalu apa saja sih makanan untuk penderita maag saat puasa yang cocok agar gangguan tidak kambuh?

Menjalankan ibadah puasa mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi para penderita maag atau asam lambung. Pasalnya dengan keadaan perut yang kosong, sakit maag bisa kambuh dengan mudah. Oleh karena itu, penderita maag ini harus berhati-hati ketika puasa dan memperhatikan dengan pasti makanan yang dikonsumsi.

Menu Makanan untuk Penderita Maag saat Puasa

Pola makan yang teratur dan bergizi seimbang sebenarnya menjadi kunci utama untuk mencegah sakit maag. Sebab, terdapat beberapa jenis makanan yang dapat memicu sakit maag, seperti makanan pedas, makanan berlemak tinggi, minuman berkafein, minuman beralkohol, dan makanan yang asam.

Artinya, jika Sobat Sehat menderita maag sebaiknya menghindari jenis-jenis makanan tersebut agar puasa bisa berjalan lancar. Umumnya, menu makanan bagi penderita maag ketika puasa yang baik adalah makanan yang bertekstur lunak.

Sebab, makanan dengan tekstur lunak akan meringankan kinerja lambung dan mudah untuk dicerna. Makanan lunak ini biasanya hasil dari pengolahan dengan cara dikukus, direbus, ditumis, atau dipanggang. Berikut adalah beberapa contoh makanan untuk penderita maag saat puasa:

1. Nasi Tim

Olahan ini merupakan nasi yang dikukus dan dicampur dengan ayam berbumbu gurih. Namun, dalam menyajikan nasi tim, Sobat Sehat bisa mengganti ayam dengan jamur, tahu, atau tempe. Tekstur dari nasi tim sendiri sangat halus sehingga mudah untuk dikonsumsi penderita maag.

2. Mashed Potato

Kentang tumbuk menjadi menu makanan selanjutnya yang baik untuk penderita maag. Sebab, kentang mempunyai kandungan alkali yang ternyata bisa menetralkan asam lambung dan mencegah kambuhnya sakit maag.

Namun, untuk mengolahnya jangan sampai digoreng, ya, karena bisa menyerap banyak minyak. Lebih baik Sobat Sehat merebus atau mengukus kentang yang kemudian ditumbuk dan ditambahkan garam dan merica. Olahan ini bisa memberikan energi yang cukup untuk menjalankan puasa.

3. Sayur Bening

Menu makanan untuk penderita maag saat puasa yang selanjutnya adalah sayur bening. Olahan sayur bening ini bisa menggunakan sayur apa saja, seperti bayam, kelor, oyong, daun katuk, dan lain sebagainya.

Namun, ada beberapa jenis sayur yang sebaiknya dihindari penderita maag karena mengandung gas, seperti kol, sawi, lobak, dan nangka muda.

4. Olahan Dada Ayam

Menurut University Hospital, menu makanan yang cocok untuk menu makan saat puasa adalah olahan dada ayam. Selain tidak mengandung lemak, kandungan protein dada ayam juga sangat tinggi. Bagi penderita maag, olahan dada ayam ini sangat cocok bagi kesehatan lambung.

Namun, Sobat Sehat lebih baik jika mengolah dada ayam ini dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang.

5. Buah-buahan Segar

Mengonsumsi buah-buahan ketika puasa sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain masuk dalam makanan untuk penderita maag saat puasa, buah-buahan juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan buah segar ketika sahur dan buka puasa. Ada beberapa buah yang sangat rekomendasi bagi penderita maag, yaitu kurma, apel, alpukat, buah pir, pepaya, semangka, melon, dan pisang.

Itulah beberapa menu makan yang baik dikonsumsi penderita maag ketika bulan puasa ini. Selain mengatur pola makan, Sobat Sehat juga sebaiknya selalu sedia obat maag di rumah agar bisa mengatasinya dengan cepat.

Namun, tidak perlu khawatir apabila maag tiba-tiba datang saat sahur atau malam hari karena Apotek K-24 selalu siap melayani Sobat Sehat selama 24 jam. Tidak hanya itu, sama seperti namanya, Apotek K-24 pasti memiliki persediaan obat yang Komplit, jadi tidak usah takut kalau kehabisan.

Demikian ulasan mengenai makanan untuk penderita maag saat puasa, semoga bermanfaat. Yuk, jaga kesehatan selama puasa bersama Apotek K-24!