PENUHI NUTRISI SETIAP HARI UNTUK SAMBUT HARI GIZI NASIONAL 2023

Memperingati Hari Gizi Nasional 2023, tentu masyarakat seharusnya sudah paham betul dengan asupan nutrisi setiap hari. Namun, pada kenyataannya masih banyak yang masih salah mengonsumsi makanan atau kombinasinya. Lalu bagaimana sih piring gizi seimbang yang sehat dan tepat?

Pada dasarnya, gizi seimbang merupakan konsep yang dikeluarkan Kementrian Kesehatan RI untuk masyarakat. Harapannya dengan adanya panduan ini, permasalahan gizi di Indonesia bisa hilang sehingga tidak ada stunting dan lain sebagainya.

Panduan Piring Gizi Seimbang untuk Makan Sehari-hari

Mungkin bagi generasi X dan baby boomers, dulu sering mengenal istilah 4 sehat 5 sempurna. Ini juga merupakan konsep gizi yang dikeluarkan oleh Prof. Poerwo. Namun, konsep ini ternyata masih memiliki banyak kekurangan dan belum bisa menyelesaikan permasalahan gizi.

Oleh karena itu, Kemenkes RI mengembangkan konsep lainnya yang kini digambarkan dengan piring bukan piramida. Tentu saja dengan konsep piring ini, harapannya Anda dapat dengan mudah mengimajinasikan isi piring yang seharusnya ada dengan kenyataan.

Berikut adalah panduan isi piring yang dikembangkan oleh para ahli gizi di Indonesia:

a. Setengah Piring Berisi Buah dan Sayur

Secara garis besar, “Isi Piringku” yang tepat ini dibagi menjadi dua bagian. Dalam setengah piring utuh yang biasa Anda gunakan harus berisikan buah-buahan dan sayuran. Pembagian dari setengah piring ini sendiri terbagi menjadi 2/3 berisikan sayuran dan sisanya buah-buahan.

Misalnya Anda bisa mengonsumsi 150 gram pepaya atau satu buah pisang ambon dalam sekali waktu makan. Sedangkan pada sayuran sendiri dapat Anda siapkan sebanyak 150 gram atau sebanding dengan satu mangkok kecil.

Selain menjadi sumber vitamin, buah-buahan dan sayuran bisa menjadi sumber antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit. Selain itu, makanan ini dapat membantu dalam melancarkan BAB, membuang racun dalam tubuh, dan lain-lain.

b. Setengah Piring Berisi Makanan Pokok dan Lauk Pauk

Jika setengah piring berisikan buah-buahan dan sayuran, maka bagian sisanya diisikan dengan makanan pokok dan lauk pauk. Artinya, setengah piring yang satunya ini menjadi sumber karbohidrat dan protein. Pembagiannya sama, 2/3 dari setengah piring tadi berisikan makanan pokok dan sisanya lauk pauk.

Pilihan makanan pokok di Indonesia ini banyak sekali, seperti: jagung, ubi jalar, gandum, sagu, kentang, dan mie. Dalam sekali makan sebaiknya Anda hanya mengambil nasi sebanyak 150 gram saja. Namun, bisa juga Anda gantikan dengan 3 buah kentang.

Lauk pauk ini bisa Anda dapatkan dari tumbuhan dan hewan, seperti tahu, tempe, daging ayam, seafood, daging merah, dan legum. Artinya, Anda dapat memilih antara 1 butir telur, 2 potong dagi ayam tanpa kulit, 1 porsi kacang-kacangan, atau 2 potong tempe.

c. Tips Piring Gizi Seimbang Lainnya

Itulah panduan Isi Piringku yang seharusnya dapat Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Sebenarnya masih banyak tips gizi seimbang lainnya untuk memenuhi asupan nutrisi setiap hari, yaitu:

  1. Jangan lupa minum air putih setiap hari, tubuh bisa membutuhkan kebutuhan cairan ini sebanyak 2 liter.
  2. Hindari makanan sumber karbohidrat yang bersifat sederhana, seperti kue basah, cake, biskuit, dan lain-lain.
  3. Kurangi konsumsi makanan yang berasal dari produk-produk olahan. Contoh produk olahan ini adalah keju, sosis, bakso, krim, dan lain-lain.
  4. Jika ingin menggoreng makanan, maka sebaiknya gunakan minyak zaitun, minyak kedelai, atau minyak jagung agar asupan lemak jenuh berkurang.

Panduan piring gizi seimbang ini bisa diterapkan oleh siapa saja, terutama masyarakat Indonesia. Yuk, sambut Hari Gizi Nasional 2023 dengan makan secara teratur dan sehat.

Apabila Anda terlalu sibuk untuk menyiapkan makanan-makanan di atas, maka konsumsi multivitamin untuk menjaga kesehatan. Anda dapat menemukan berbagai multivitamin yang sehat ini di Apotek K-24. Tidak hanya lengkap, Apotek K-24 siap melayani kapan saja.

Sumber: dari berbagai media online