WASPADA! DIABETES JUGA BISA MENGANCAM ANAK MUDA

Diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang mungkin sudah tidak asing lagi dan umum terjadi di Indonesia. 

Penyakit  ini bisa dialami oleh siapa saja dan usia berapa saja. Termasuk para generasi milenial nih. Tapi, apakah penyakit diabetes bisa dicegah? 

Diabetes memang tidak bisa disembuhkan, namun penyakit ini bisa dicegah. Jika pada video sebelumnya kita pernah membahas tentang tanda naiknya kadar gula darah dalam tubuh, sekarang kita bahas cara mencegah penyakit diabetes yuk.

Tips pertama yang bisa Sobat Sehat lakukan adalah mengurangi makanan yang manis-manis. Nah buat Anda yang masih sering jajan makanan manis seperti donat, cake, boba, es kopi, dan lain sebagainya, sebaiknya mulai dikurangi ya. 

Sebab, semakin banyak gula dan kalori yang kita konsumsi, apalagi jika sampai berlebihan, kondisi ini bisa menyebabkan tubuh memproduksi insulin dalam jumlah banyak. Produksi insulin yang berlebihan bisa mempengaruhi sensitivitas insulin dalam sel tubuh. Padahal menurunnya sensitivitas insulin atau resistensi insulin ini merupakan salah satu penyebab Diabetes Melitus lho. 

Karenanya, mumpung masih muda yuk makannya mulai dijaga!

Tips berikutnya adalah menjaga berat badan ideal. Menurut beberapa penelitian, berat badan berlebih atau obesitas juga bisa menyebabkan resistensi insulin. Semakin besar kelebihan berat badan, maka semakin tinggi pula kemungkinan risiko terkena diabetes. 

Anda bisa mengukur Indeks Massa Tubuh dengan membagi berat badan dengan tinggi badan kuadrat. Berat badan yang normal berada dalam indeks 18,5 hingga 22,9. Jika hasilnya lebih dari 25, maka Anda termasuk obesitas. Yuk jaga berat badan ideal kita!

Selanjutnya adalah memperbanyak aktivitas fisik atau rutin berolahraga. Jangan malas gerak ya Sobat Sehat, karena olahraga bisa mencegah obesitas dan resistensi insulin yang merupakan penyebab diabetes melitus tipe 2. Lakukan olahraga yang Anda sukai seperti jalan kaki, yoga, aerobik, berenang atau bersepeda setidaknya 3-5 kali dalam seminggu.

Tips yang terakhir adalah rutin melakukan cek kadar gula darah maksimal 6 bulan sekali. Jika sewaktu-waktu hasilnya tinggi, upaya pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengubah pola hidup. Dan jika setelah satu atau dua bulan kemudian dicek masih tinggi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ya Sobat Sehat agar Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat.