SERING OVERTHINKING? BEGINI CARANYA AGAR TERHINDAR DARI OVERTHINKING!

Overthinking merupakan istilah yang menggambarkan saat seseorang terlalu banyak berpikir. Mulai dari soal pekerjaan, kehidupan pribadi, ataupun keluarga. Kondisi yang menyebabkan seseorang tenggelam dalam pikiran secara berkepanjangan ini pun bisa membuat stress dan lelah secara mental. 

Saat seseorang terlalu overthinking, mereka cenderung akan terlalu cemas terhadap sesuatu sehingga memikirkan hal yang belum menjadi kenyataan dan terjebak di dalam pikiran mereka sendiri. Akibatnya, seseorang yang overthinking bisa membeku dalam rasa bimbang. 

Seseorang yang terlewat khawatir ini akan menyebabkan pikiran mulai berputar dan akhirnya tidak bisa menemukan kesimpulan. Menurut Deborah Serani, psikolog dari Institut Studi Psikologi Lanjutan di Universitas Adelphi di New York, berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak overthinking: 

1. Menyadari Jika Anda Terlalu Banyak Berpikir

Kenali dan sadari saat Anda tengah terlalu banyak berpikir. Misalnya seperti telapak tangan berkeringat berlebihan atau detak jantung berdetak lebih kencang. Meskipun sulit, Anda harus bisa mengenali kapan saat Anda merasa overthinking.

2. Cari Sudut Pandang Baru

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah, mundur selangkah agar bisa mendapatkan beberapa sudut pandang baru mengenai apa yang terlalu Anda pikirkan. Kemudian kenali apakah Anda memiliki kendali atas cara pikir tersebut.

 Misalnya, Anda mungkin tidak bisa mengontrol lalu lintas yang membuat Anda terjebak dalam overthinking. Namun bisa jadi Anda dapat mengontrol rute yang akan anda pilih dengan maps atau menyediakan hiburan untuk mengatasi rasa bosan.

3. Isolasi Masalah Tunggal 

Jika situasi atau masalah berada dalam kendali anda, langkah yang bisa dilakukan adalah fokus pada apa yang Anda lakukan saat itu. Kemudian identifikasi dan pisahkan masalah tunggal yang Anda rasakan dari masalah-masalah lainnya

4. Beri Batas Waktu Saat Menyelesaikan Masalah

Setelah Anda bisa mengidentifikasi suatu masalah, langkah selanjutnya adalah menetapkan batas waktu yaitu berapa lama Anda akan memecahkan masalah tersebut. Hal ini penting agar Anda tidak terjerumus ke dalam masalah yang tidak produktif dan menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

5. Rayakan Kemampuan Anda Saat Telah Bisa Mengatasi Overthinking

Cara terakhir adalah, kenali dan rayakan langkah-langkah kecil yang telah Anda lakukan untuk memecahkan masalah. Jika belum bisa menyelesaikan masalah sepenuhnya, Anda bisa merayakan fakta jika Anda telah berusaha mengambil alih kendali dan memiliki kemajuan dalam memecahkan masalah.

Source:

Dikutip dari berbagai sumber