JANGAN ANGGAP REMEH! INI GEJALA TANDA AWAL DIABETES YANG HARUS DIWASPADAI

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Kadar gula atau glukosa yang menumpuk dalam darah akibat tak bisa diserap dengan baik oleh tubuh ini bisa menyebabkan berbagai gangguan organ tubuh. Karenanya, jika diabetes tidak bisa dikontrol dengan baik bisa menyebabkan komplikasi yang membahayakan nyawa penderitanya.

Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat sekitar 415 juta penyandang diabetes di seluruh dunia pada tahun 2015. Angka ini pun diprediksi akan terus bertambah menjadi 642 juta penyandang pada tahun 2040.

Sementara itu, menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) oleh Kementerian Kesehatan RI, diabetes paling banyak diderita oleh penduduk usia di atas 15 tahun ke atas. Namun hanya 30 persen yang menunjukkan gejala dan resmi terdiagnosis. 

Sekitar 80 persen kasus diabetes bisa dicegah dengan melakukan deteksi sedini mungkin. Sayangnya, tak semua orang sadar jika dirinya mengidap diabetes. Minimnya pengetahuan masyarakat pun membuat gejala awal diabetes sering dianggap remeh. Berikut ini merupakan beberapa gejala awal diabetes yang perlu Anda waspadai. Baik diabetes tipe 1 atau tipe 2 memiliki tanda peringatan yang serupa.

Sering Buang Air Kecil

Salah satu gejala awal diabetes yang perlu diwaspadai adalah sering buang air kecil dan mudah merasa haus. Pada keadaan normal, tubuh bisa kembali menyerap glukosa saat melewati ginjal. 

Pada pengidap diabetes, gula darah akan terdorong naik dan ginjal tidak bisa membawa semuanya kembali. Hal ini menyebabkan seseorang akan lebih sering buang air kecil. Hal ini pun membuat para pengidap diabetes menjadi dehidrasi dan merasa lebih haus karena sering buang air kecil.

Sering Lapar dan Mudah Lelah

Tubuh mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi glukosa yang digunakan oleh sel-sel sebagai energi. Tubuh pun memerlukan insulin untuk memanfaatkan glukosa tersebut. Karenanya, jika tubuh tak mampu menghasilkan insulin dengan baik, glukosa pun tak bisa diubah menjadi energi sehingga menyebabkan kita akan merasa mudah lapar dan lelah.

Penglihatan Kabur

Gejala awal diabetes lainnya adalah penglihatan yang mengabur. Perubahan kadar cairan dalam tubuh dapat menyebabkan lensa mata membengkak. Karenanya, penglihatan jadi tidak fokus dan penglihatan pun menjadi kabur. 

Kulit Gatal dan Mulut Kering

Mulut yang kering dan kulit yang gatal bukanlah gejala yang bisa Anda anggap remeh. Karena terlalu sering buang air kecil, cairan tubuh pun akan terkuras sehingga menyebabkan kelembapan tubuh menurun. Hal inilah nyang menyebabkan mulut dan kulit mengering.


Jika Sobat Sehat merasakan beberapa gejala awal diabetes seperti yang telah disebutkan, jangan ragu untuk menghubungi dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Semakin cepat diabetes dideteksi, maka akan semakin efektif pula penanganan dapat dilakukan. 




Source:

Dilansir dari berbagai sumber