KAMU SERING KUCEK MATA? JANGAN JADI KEBIASAAN YA, INI DAMPAK NEGATIFNYA!

Bagi sebagian besar orang, mengucek mata saat bangun tidur, mengantuk, atau saat terasa gatal mungkin merupakan sebuah kebiasaan yang sering dilakukan. Tapi apakah Sobat Sehat tahu jika terlalu sering mengucek mata bisa menyebabkan gangguan kesehatan?

Jika dilakukan sesekali mungkin tidak akan menyebabkan dampak yang signifikan. Malah, mengucek mata sesekali bisa memiliki manfaat untuk menstimulasi agar air mata keluar agar mata tidak kering atau gatal. Keluarnya air mata ini bisa membantu mata  menghilangkan kotoran seperti debu serta zat yang membuat mata iritasi. 

Selain itu, air mata yang keluar disertai dengan tekanan perlahan pada mata dianggap bisa merangsang saraf vagus yang bisa memperlambat detak jantung. Sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan menghilangkan stress.

 Meski begitu, terlalu sering mengucek mata dan jika telah menjadi sebuah kebiasaan, ternyata hal ini bisa menimbulkan dampak tertentu untuk kesehatan lho. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa terjadi jika Anda terlalu sering mengucek mata. Yuk simak!

Iritasi Kelopak Mata

Jika Anda menggunakan makeup, hindari terlalu sering mengucek mata ya Sobat Sehat. Jika Anda mengucek mata, dikhawatirkan kuman atau bahan kimia yang ada dari produk makeup bisa masuk ke dalam mata dan menimbulkan iritasi.

Mata Bintitan

Penyakit ini merupakan gejala infeksi kelenjar kelopak mata yang bisa menyebabkan munculnya benjolan kecil pada kelopak mata atas ataupun bawah. Benjolan ini umumnya terasa nyeri, gatal, hingga berwarna merah. Bahkan jika dibiarkan bisa mengeluarkan nanah.

Mata bintitan memang tidak selalu disebabkan karena infeksi bakteri. Pada kondisi tertentu, hal ini bisa disebabkan karena adanya sumbatan pada kelenjar kelopak mata.

Glaukoma

Kondisi ini merupakan kerusakan saraf mata yang bisa mengganggu penglihatan hingga kebutaan. Glaukoma umum terjadi karena adanya tekanan yang tinggi pada bola mata.  Tekanan ini bisa disebabkan oleh kebiasaan Anda mengucek mata. Saraf mata merupakan kumpulan saraf yang menghubungkan retina ke otak. Saat saraf mata rusak, hal ini akan mengganggu sinyal yang disampaikan pada otak. Karenanya penglihatan pun akan terganggu bahkan terjadi kebutaan pada mata.

Kerusakan Kornea

Kebiasaan mengucek mata juga bisa merusak kornea lho. Hal ini terjadi karena secara tidak langsung jari Anda menekan kornea atau mungkin terjadi karena ada bulu mata yang terbawa masuk dan terkena kornea. Jika dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada kornea bahkan mengakibatkan kebutaan.

Mengucek mata memang tidak salah, tapi jangan sering-sering ya. Jika mata Anda menjadi merah, nyeri, buram, dan sensitif terhadap cahaya setelah mengucek mata, jangan ragu untuk memeriksakan ke dokter mata. Bisa jadi hal ini merupakan tanda adanya kerusakan pada mata yang harus segera ditangani.

Source:

CNNIndonesia.com

 Alodokter.com