PEREMPUAN KURUS TIDAK BISA MELAHIRKAN NORMAL, BENAR TIDAK YA?

Memiliki badan yang kurus mungkin menjadi impian setiap perempuan. Padahal, perempuan yang berbadan kurus justru wajib waspada, apalagi bila memiliki panggul yang sempit. Banyak informasi yang menjabarkan bahwa perempuan dengan panggul yang sempit dapat mengalami kesulitan saat melahirkan. Benarkah?

Rongga panggul memang salah satu faktor yang menentukan apakah seorang perempuan dapat melahirkan normal atau tidak. Namun, faktor tersebut bukanlah satu-satunya. Masih ada faktor lain yang mempengaruhi persalinan normal, seperti kekuatan mendorong sang ibu, ukuran janin, presentasi dan posisi janin, umur ibu saat melahirkan, serta adakah penyakit yang diderita oleh ibu.

Bila Anda memiliki panggul yang sempit, jangan kemudian patah semangat karena kesempatan untuk melahirkan normal masih ada. Namun, memang sebelum persalinan posisi kepala janin harus sudah masuk ke pintu panggul. Bila ukuran kepala maupun tubuh janin kecil, persalinan normal juga dapat dilakukan.

Lalu, bagaimana bila kedua hal tersebut tidak terjadi? Bila memang ukuran janin lebih besar dari ukuran pintu panggul, maka memang harus dilakukan evaluasi untuk menghindari gawat janin atau robekan rahim karena kontraksi yang sangat kuat. Memang tindakan operasi caesar akan lebih dipertimbangkan bila proses persalinan tidak kunjung bertambah.

Bagi ibu hamil yang memang memiliki panggul kecil, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan persalinan normal, yaitu:

1. Rutin memeriksakan kehamilan secara teratur ke bidan atau dokter kandungan

2. Kurangi ngemil makanan manis dan kontrol berat badan karena berpotensi melahirkan bayi berukuran besar

3. Jangan konsumsi ramuan perangsang kontraksi dalam bentuk apapun

4. Rajin berolahraga agar tidak terjadi kenaikan berat badan berlebih.

5. Di kehamilan kedua dan seterusnya, jangan lupa sampaikan ke bidan mengenai riwayat melahirkan sebelumnya


Sumber: Doktersehat.com