5 CARA MENJAGA KESEHATAN MATA UNTUK PERJALANAN MUDIK YANG LANCAR

Perjalanan panjang saat mudik pastinya sangat melelahkan, apalagi untuk mata yang selalu aktif untuk melihat jalan. Mudik memang bukan keharusan tapi menjadi tradisi yang pasti dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya saat menjelang momen lebaran ini. Jika demikian, bagaimana cara menjaga kesehatan mata selama perjalan mudik agar tetap sehat dan selamat sampai tujuan?

Mata menjadi organ manusia yang fungsinya terbilang sangat besar untuk kegiatan sehari-hari. Bagi Sobat Sehat yang melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi pastinya kesehatan mata sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, tanpa mata yang sehat, mudik Sobat Sehat bisa saja terganggu, bahkan bisa saja terjadi kecelakan di tengah perjalanan.

Cara Menjaga Kesehatan Mata selama Perjalanan Mudik

Mata ternyata membutuhkan perlindungan lebih karena mata mudah bermasalah ketika sering terpapar polusi udara, polusi air, atau polusi kimiawi. Sama dengan mata yang sering terpapar angin kencang saat mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat.

Seseorang bisa saja mengalami iritasi mata ringan hingga cacat mata permanen karena Sobat Sehat yang tidak memperhatikan kesehatan mata. Oleh karena itu, jika Sobat Sehat akan melakukan perjalanan mudik, perhatikan beberapa tips menjaga kesehatan mata berikut ini:

Hindari Dehidrasi

Mencukupi kebutuhan cairan agar tidak dehidrasi menjadi cara menjaga kesehatan mata yang pertama. Maka dari itu, jangan lupa untuk minum air putih paling tidak sebanyak 1,5-2 liter setiap hari, bisa dibagi menjadi 2 gelas saat buka, 4 gelas menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur.

Kekurangan cairan saat perjalanan mudik bisa berdampak pada mata, lho, misalnya mata menjadi kering atau mata mudah terasa perih. Mata kering dan mata perih ini bisa membuat mengemudi kendaraan jadi terganggu.

Tidur dengan Cukup Sebelum Mudik

Sebelum benar-benar melakukan perjalanan mudik, Sobat Sehat disarankan untuk memenuhi waktu tidur. Satu pekan sebelum mudik coba untuk tidur paling tidak 7-9 jam setiap hari. Tidur yang cukup ini bisa menghindari mata lelah dan mudah mengantuk ketika perjalanan mudik. Sebab, saat mudik dapat dipastikan Sobat Sehat tidak akan mendapat waktu tidur yang lama.

Pakai Perlindungan Lebih

Cara menjaga kesehatan mata selama mudik berlangsung yang selanjutnya adalah dengan memakai perlindungan lebih, contohnya kacamata hitam. Hal ini sangat penting apabila Sobat Sehat memilih mudik saat siang hari. Menggunakan kacamata ketika mudik bisa melindungi mata dari sinar UV matahari dan juga terpaan angin serta debu.

Konsumsi Makanan Sehat

Perjalanan mudik bukan berarti Sobat Sehat harus makan sembarangan karena tidak bisa masak sendiri. Pastikan Sobat Sehat tetap mengonsumsi sayuran dan buah selama perjalanan, apalagi makanan-makanan yang mengandung vitamin A, zinc, dan nutrisi lainnya. Oh iya, Sobat Sehat sangat disarankan untuk membawa multivitamin dari Apotek K-24 agar kesehatan tetap terjaga.

Jangan Lupa Membawa Obat Tetes Mata

Selalu siap sedia obat tetes mata juga menjadi cara menjaga kesehatan mata selama perjalanan mudik. Ketika Sobat Sehat sudah merasa mata menjadi perih dan kering, maka lebih baik Sobat Sehat segera membersihkan mata dengan obat tetes mata. Ini sangat baik digunakan sebelum atau saat perjalanan mudik.

Apabila lupa membawanya, Sobat Sehat bisa mencari gerai Apotek K-24 terdekat dari lokasi untuk membeli obat tetes mata yang aman digunakan. Selain itu, jika mata sudah benar-benar terasa lelah, tegang, dan mengantuk, maka jangan segan-segan untuk menghentikan kendaraan dan tidur sejenak.

Nah, itu dia beberapa cara menjaga kesehatan mata untuk Sobat Sehat yang ingin melakukan perjalanan jauh atau mudik untuk merayakan momen lebaran ini. Jangan sampai memaksakan mata yang sudah lelah ketika perjalanan mudik, ya, segera istirahat jika memang diperlukan. Yuk, jaga kesehatan mata selama mudik bersama Apotek K-24!