5 CARA MENGOBATI MATA MERAH, KEMBALIKAN MATA KE KONDISI YANG SEHAT!

Mata merah memang keadaan yang sangat sering terjadi, baik saat Sobat Sehat di dalam ruangan atau luar ruangan sekalipun. Meskipun tidak berbahaya, mata merah bisa mengganggu aktivitas karena biasanya disertai mata gatal, perih, dan seperti ada rasa mengganjal. Untuk menghilangkan ketidaknyamanan ini, lalu bagaimana cara mengobati mata merah hingga sembuh?

Sama seperti namanya, mata merah ditandai dengan munculnya warna kemerahan di bagian mata yang berwarna putih. Mata merah ini bisa menunjukkan kondisi yang tidak berbahaya, tapi juga bisa menjadi tanda yang berbahaya. Jadi, untuk memastikannya Sobat Sehat perlu melihat gejala yang menyertainya dan pergi ke dokter guna mendapatkan diagnosis yang tepat.

Cara Mengobati Mata Merah dengan Mudah

Pada umumnya, mata merah disebabkan karena adanya iritasi pada mata atau mata dalam keadaan kelelahan. Selain itu, benda asing yang tidak sengaja masuk ke mata juga bisa menyebabkan mata merah. Bahkan, keadaan ini bisa membuat luka dan timbulnya rasa mengganjal.

Hal tersebut tentu mengganggu kegiatan sehari-hari karena Sobat Sehat menjadi tidak kuat untuk membuka mata. Oleh karena itu, lakukan beberapa cara mengobati mata merah berikut ini:

Istirahatkan Mata

Mengistirahatkan mata dalam waktu sejenak menjadi langkah yang tepat dalam mengatasi mata merah. Sama dengan anggota tubuh lainnya, mata juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Apalagi jika keseharian Sobat Sehat ini menatap layar komputer atau gadget terus-menerus.

Setidaknya pejamkan mata untuk sementara waktu sebelum melihat layar komputer lagi. Selain mengistirahatkan mata, Sobat Sehat juga banyak mengonsumsi nutrisi yang bisa menjaga kesehatan mata, seperti wortel, sayuran hijau, jeruk, dan lain-lain.

Kompres Mata

Setelah mengistirahatkan mata, ternyata mengompres mata bisa menjadi salah satu cara mengatasi mata merah. Sobat Sehat bisa menggunakan air dingin dan air hangat untuk kombinasinya. Dalam mengompres ini, sebaiknya gunakan kain atau handuk yang lembut, ya.

Lalu kompres mata secara bergantian antara air dingin dan hangat selama beberapa menit. Setelah itu diamkan mata sejenak hingga area mata mongering.

Teteskan Air Mata Buatan

Apabila mata merah ini disertai dengan mata kering, maka cara mengobati mata merah adalah meneteskan air mata buatan. Air mata buatan ini berfungsi untuk menjaga kelembapan mata dan membersihkan mata. Cara yang satu ini bisa membantu menjaga kelembapan mata dan mencegah kekeringan.

Hindari Penggunaan Lensa Kontak

Cara yang satu ini ditujukan pada orang-orang yang suka menggunakan lensa kontak untuk kehidupan sehari-harinya. Sobat Sehat harus tahu bahwa sering menggunakan lensa kontak bisa menyebabkan mata merah.

Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko mata merah, sebaiknya Batasi pemakaian lensa kontak. Kalaupun tetap ingin menggunakan lensa kontak, maka pastikan lensa kontak masih dalam kualitas baik dan jangan lupa untuk terus meneteskan air mata buatan atau obat tetes mata.

Gunakan Obat Tetes Mata

Cara mengobati mata merah yang paling efektif adalah menggunakan obat tetes mata yang ada di Apotek K-24 atau apotek lainnya. Obat tetes mata ini ada beberapa yang dijual bebas tanpa memerlukan resep dokter.

Namun, sebelum membeli dan menggunakannya Sobat Sehat perlu cermat akan kandungan dan kegunaan obat. Sobat Sehat juga bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan apoteker. Sebab, kandungan dalam obat tetes mata bisa berbeda-beda, tergantung fungsi dan kegunaannya.

Meskipun bebas digunakan, obat tetes mata sebaiknya Sobat Sehat beli di tempat yang resmi seperti Apotek K-24. Hal ini untuk menjamin keaslian dan keamanan obat selama penggunaannya. Nah, itu dia penjelasan singkat tentang cara mengobati mata merah, semoga bermanfaat!

Jaga kesehatan mata bersama Apotek K-24, Komplit Obatnya, Sehatkan Indonesia!