CIRI PENYAKIT TBC YANG SUDAH PARAH DAN PERLU DIWASPADAI!

Ciri penyakit TBC yang sudah parah bisa sangat terlihat dan perlu diwaspadai, lho, karena berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain itu, TBC juga bisa menular dengan mudah jika memiliki kontak yang lama dengan penderita. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu waspada dengan penyakit TBC karena kini kasusnya sedang naik di Indonesia dan jumlah penderitanya cukup banyak.

Tuberkulosis atau sering disingkat dengan TBC merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa menular di Indonesia. Kasus TBC pada tahun 2024 ini sudah mencapai lebih dari 1 juta, lho, di mana angka ini sungguh memprihatinkan. Sebab, jika tidak ditangani dengan tuntas, TBC bisa menjadi penyakit yang dapat merusak organ tubuh lainnya atau penyebab kematian.

Ciri Penyakit TBC yang Sudah Parah

Pada dasarnya, orang bisa terkena TBC karena adanya infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyebarannya pun cukup melalui udara yang sudah terkontaminasi percikan ludah penderita TBC. Gejala awal TBC terkadang sulit dikenali karena mirip dengan penyakit lain dan bisa hilang sendiri.

Hal tersebut membuat pertolongan pada penderita TBC telat diberikan sehingga penyakit sudah terlanjur parah. Sayangnya, gejala TBC yang sudah parah biasanya baru menjadi tanda kalau penderita menyadari memiliki penyakit berbahaya.

Nah, berikut ciri penyakit TBC yang sudah parah dan perlu Sobat Sehat waspadai:

Batuk Berdarah

Penyakit TBC yang sudah mengkhawatirkan biasanya ditandai dengan batuk berdarah. Awalnya, penderita TBC hanya akan mengalami batuk yang disertai dengan dahak berwarna kuning. Seiring berjalannya waktu, batuk akan semakin parah hingga bisa mengiritasi dan menimbulkan kerusakan.

Jaringan saluran pernapasan yang rusak ini akan mengeluarkan darah. Jadi, jika Sobat Sehat mengalami batuk yang disertai dengan bercak darah, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Sesak Napas

Infeksi bakteri penyebab TBC juga akan menyebabkan efusi pleura, sebuah kondisi di mana ada penumpukan cairan di rongga antara lapisan pembungkus dengan paru-paru. Cairan ini bisa menekan paru-paru sehingga paru-paru tidak dapat mengembang dan mengempis sempurna ketika bernapas.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Ciri penyakit TBC yang sudah parah yang selanjutnya adalah munculnya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Hal ini bisa terjadi karena sistem kekebalan menurun atau tidak mendapat pengobatan yang tepat sehingga bakteri berpindah dari paru-paru menuju ke kelenjar getah bening.

Pembengkakan sangat mudah diketahui dengan meraba bagian leher, bawah dagu, ketiak, atau sekitar selangkangan.

Nyeri Dada

Penyakit TBC yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan peradangan pada selaput jantung (pericarditis tuberculosis). Akibatnya, terjadi penumpukan cairan di ruang antara selaput pembungkus dan jantung sehingga jantung tidak mampu memompa darah dengan baik.

Peradangan ini bisa membuat dada terasa ditusuk benda tajam. Rasa sakit akibat TBC akan semakin memburuk ketika penderitanya berbaring dan menarik napas. Oleh karena itu, tidak heran kalau penderita TBC akan merasakan rasa sakit saat malam hari.

Keracunan Darah

Ketika TBC sudah menyebar, maka ciri penyakit TBC yang sudah parah selanjutnya adalah timbulnya keracunan darah atau sepsis. Keadaan ini biasa terjadi pada orang-orang dengan sistem kekebalan yang rendah, seperti penderita HIV/AIDS dan kanker.

Saat Sobat Sehat sudah terdiagnosis penyakit TBC, maka langkah penting yang harus dilakukan adalah menuntaskan proses pengobatan. Sebab, kalau tidak diselesaikan, bakteri bisa mengalami resistensi sehingga menyebar ke organ tubuh lainnya dan menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

Tidak seperti zaman dulu yang menjadi penyebab kematian terbesar, kini TBC memiliki angka kesembuhan yang tinggi asalkan penderita patuh dengan proses pengobatan yang diberikan dokter. Oleh karena itu, jika sudah merasakan ciri penyakit TBC yang sudah parah, segera periksa ke rumah sakit, ya.

Nah, apabila Sobat Sehat membutuhkan obat untuk melawan TBC setelah mendapatkan resep dokter, langsung datang saja ke Apotek K-24. Seperti namanya, Komplit Obatnya 24 Jam Bukanya, Apotek K-24 pasti menyediakan obat yang dibutuhkan Sobat Sehat untuk melawan TBC. Demikian ulasan tentang  ciri penyakit TBC yang sudah parah, semoga bermanfaat!