BERAPA GELAS MINUM AIR PUTIH SEHARI? PENUHI AGAR TIDAK MEMBAHAYAKAN KESEHATAN!

Pertanyaan berapa gelas minum air putih sehari selama puasa mungkin masih sering ditanyakan oleh banyak orang. Ini karena masih banyak orang yang bingung bagaimana untuk memenuhi kebutuhan cairan ini saat puasa karena orang berpuasa hanya memiliki kesempatan saat malam hari hingga dini hari. Jadi, kira-kira bagaimana ya cara minum air putih ketika sedang berpuasa?

Air adalah sumber daya kedua paling penting yang dibutuhkan oleh makhluk hidup setelah oksigen. Sebab, air menjadi komponen utama dalam tubuh manusia, di mana hampir mencapai 80% sendiri. Bahkan, organ otak manusia sendiri setidaknya sebanyak 95% tersusun atas air, lalu 75% air ada pada jantung, dan 86% ada pada paru-paru.

Berapa Gelas Minum Air Putih Sehari?

Jadi, tak heran kalau air dianggap lebih penting dari nutrisi apapun dalam tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya. Saking pentingnya kebutuhan air ini, banyak ahli yang mengatakan bahwa manusia bisa bertahan hidup dengan waktu yang cukup lama tanpa makanan.

Namun, beda keadaan jika tanpa air, manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Oleh karena itu, minum air putih setiap hari ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menopang fungsi organ-organ di dalamnya.

Jika demikian, berapa gelas minum air putih sehari?

Pada umumnya, kebutuhan air setiap hari ini bisa berbeda-beda tiap individu karena dipengaruhi beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, status gizi, dan lingkungan. Oleh karena itu, biasanya asupan air akan diatur oleh rasa haus dan kenyang setiap orang.

Namun, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2013 tentang AKG, ada jumlah air yang direkomendasikan untuk masyarakat Indonesia, yaitu:

  • 1900 ml untuk anak-anak usia 7 sampai 9 tahun.

  • 1800 ml untuk anak-anak usia 10 sampai 12 tahun.

  • 2000 ml untuk orang dewasa, baik laki-laki atau perempuan.

Kebutuhan air di atas bisa dipenuhi dengan minum air putih setiap hari tapi makanan juga bisa memberikan asupan cairan sebanyak 20%, lho. Cairan dalam makanan ini biasanya Sobat Sehat dapatkan melalui buah dan sayur.

Cara Minum Air Putih saat Puasa

Jika sudah mengetahui berapa gelas minum air putih sehari saat puasa, lalu bagaimana sih caranya untuk memenuhi kebutuhan tersebut? Sebab, tanpa manajemen minum air putih yang baik, Sobat Sehat bisa saja mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Seperti yang Sobat Sehat tahu, orang yang berpuasa ini berisiko besar mengalami dehidrasi karena harus menahan makan dan minum lebih dari 12 jam. Padahal dehidrasi ini bisa sangat berbahaya lho karena gejalanya kadang tidak terlihat.

Jadi, selain berapa gelas minum air putih sehari, ini dia cara minum air putih saat puasa dengan konsep 2-4-2:

  • 2 gelas air putih saat buka puasa, bisa diselingi dengan makanan ringan.

  • 4 gelas air putih saat makan malam hingga menjelang waktu tidur, bisa dibagi menurut kebutuhan.

  • 2 gelas saat makan sahur, bisa dibagi 1 gelas setelah bangun tidur dan 1 gelas setelah makan sahur.

Ingat ya, Sobat Sehat memenuhi kebutuhan air selama puasa ini sangat penting. Sebab, banyak sekali manfaat air bagi kesehatan tubuh, seperti memperlancar aliran darah, membuang racun dari dalam tubuh, melindungi jaringan tubuh, menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai berapa gelas minum air putih sehari dan cara minum air putih saat puasa. Apabila stok air putih mineral di rumah Sobat Sehat tiba-tiba habis, Sobat Sehat bisa langsung ke Apotek K-24 terdekat, ya, karena buka 24 jam. Jadi, bisa datang kapan saja, baik malam hari atau dini hari ketika sahur.

Yuk, jaga kesehatan setiap hari selama puasa bersama Apotek K-24!