BOLEHKAH IBU MENYUSUI MAKAN MIE INSTAN? SIMAK FAKTA MENARIKNYA!

Menjaga asupan nutrisi setiap hari sangat penting bagi semua orang, apalagi ibu hamil dan ibu menyusui yang juga menghidupi anaknya secara bersamaan. Kendati demikian, seringkali keinginan untuk mengonsumsi minuman atau makanan yang enak tapi rendah nutrisi menjadi pantangan besar. Lalu sebenarnya bolehkah ibu menyusui makan mie instan yang sedap rasa dan aromanya?

Makan makanan sehat terkadang memiliki rasa yang cukup hambar, inilah yang membuat banyak orang kurang suka untuk mengonsumsinya. Padahal, konsumsi makanan sehat sangat diperlukan untuk ibu menyusui karena nutrisinya ini nanti akan disalurkan pada anak melalui ASI. Hal ini tentu saja membuat tantangan tersendiri bagi ibu menyusui.

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan?

Mie instan menjadi makanan yang disukai banyak orang karena rasanya yang nikmat juga mudah untuk didapatkan. Selain itu, mie instan juga sangat praktis dan cepat untuk memasaknya. Bahkan, dengan porsi yang cukup, mie instan bisa membuat perut kenyang dan puas.

Mengonsumsi mie instan ini memang banyak dipertanyakan karena dianggap sebagai santapan yang kurang seimbang. Sebab, bahan utama dari mie instan ini sebagian besar dari pati, garam, dan monosodium glutamate (MSG).

Melansir dari laman Babycenter, mie instan sebaiknya tidak menjadi menu diet dan santapan utama karena kurangnya kandungan protein, vitamin, mineral, dan serat. Jadi, kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak bisa dipenuhi hanya dengan mie instan.

Lalu bolehkah ibu menyusui makan mie instan?

Faktanya, ibu menyusui boleh-boleh saja mengonsumsi mie instan, asal tidak berlebihan dan ibu serta di Kecil tidak memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Dokter sendiri pun tidak memberikan larangan khusus untuk makan mie instan.

Meski begitu, bukan berarti Sobat Sehat langsung makan mie instan setiap hari, ya. Sebab, ibu menyusui harus memperhatikan dan menjaga asupan makanan setiap hari. Melalui makanan yang sehat dan bergizi seimbang, ibu menyusui akan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sendiri dan bayi sekaligus.

Pengaruh Mie Instan terhadap ASI

Jika jawaban dari bolehkah ibu menyusui makan mie instan ini boleh-boleh saja, lantas adakah pengaruh mie instan terhadap ASI yang diproduksi ibu? Sebuah studi dari Babycenter ternyata menunjukkan bahwa MSG dalam makanan tidak akan mempengaruhi ASI yang diproduksi ibu.

Namun, bahan makanan yang ibu konsumsi bisa mempengaruhi rasa, aroma, tekstur, dan warna ASI. Selain itu, produksi ASI tetap akan mengutamakan kandungan nutrisi yang diperoleh oleh tubuh ibu. Artinya, manfaat ASI akan terjaga jika ibu terbiasa mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

Itulah sebabnya ketika ibu menyusui kekurangan vitamin dan mineral, produksi ASInya bisa terganggu. Jadi, walau jawaban bolehkah ibu menyusui makan mie instan ini boleh saja, Sobat Sehat tetap harus memenuhi nutrisi lainnya dengan makanan yang lebih sehat, ya.

Tips Makan Mie Instan untuk Ibu Menyusui

Mie instan memiliki kandungan MSG yang terbilang tinggi. Hal ini dapat menimbulkan reaksi tubuh, seperti sakit kepala, berkeringat, mual, kelemahan, nyeri dada, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ibu menyusui perlu mengetahui tips makan mie instan agar bisa menjadi makanan yang lebih sehat:

  • Kurangi penggunaan bumbu dalam kemasan dan ganti dengan bumbu buatan sendiri.

  • Pilih mie instan yang lebih sehat, caranya dengan melihat komposisi dan fakta nutrisi.

  • Tambahkan bahan-bahan lain ke dalam mie instan, seperti telur, daging, dan sayuran.

  • Batasi makan mie instan dengan cukup mengonsumsi sesekali saja.

Nah, itu dia penjelasan singkat dari bolehkah ibu menyusui makan mie instan. Melalui penjelasan di atas, terlihat bahwa makan mie instan untuk ibu menyusui ini kurang disarankan. Daripada makan mie instan, lebih baik Busui konsumsi makanan yang kaya nutrisi atau vitamin dan suplemen tambahan.

Seperti yang Sobat Sehat tahu, vitamin dan mineral tambahan yang ada di Apotek K-24 bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, lho. Yuk, jaga kesehatan selama menyusui bersama Apotek K-24!