CARA TES KEHAMILAN DENGAN GARAM, APAKAH AKURAT HASILNYA?

Cara tes kehamilan dengan garam agaknya dipercaya banyak orang karena selain murah, katanya juga cukup praktis dan akurat hasilnya. Sebelum mengenal tes kehamilan modern, banyak cara dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang hamil atau tidak, salah satunya menggunakan garam. Namun, apakah garam efektif dan akurat untuk melakukan tes kehamilan?

Tes kehamilan memang penting dilakukan oleh wanita-wanita yang sedang dalam program kehamilan. Apalagi jika Sobat Sehat telah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman atau alat kontrasepsi lainnya. Sayangnya, tidak semua orang mengenal tes kehamilan yang sudah modern, khususnya orang-orang di pedesaan atau pelosok negeri.

Cara Tes Kehamilan dengan Garam, Apakah Akurat?

Melakukan tes kehamilan menggunakan garam ternyata sudah banyak dilakukan oleh para wanita sejak zaman kuno. Kebiasaan ini tidak hilang sampai sekarang dan masih banyak orang yang mengadaptasinya meskipun sudah ada alat tes modern.

Tes kehamilan dengan garam dilakukan dengan cara meneteskan urine ke dalam wadah yang sudah berisi garam. Nah, apabila campuran tersebut menghasilkan reaksi seperti busa atau buih dan berubah teksturnya menjadi cair atau menggumpal mirip keju, maka hal ini diartikan dengan tanda positif hamil.

Sebaliknya, jika campuran garam dan urine tidak bereaksi apapun, maka tandanya perempuan tersebut negatif hamil. Lalu, apakah cara tes kehamilan dengan garam ini terbilang efektif dan akurat?

Ternyata tidak, lho, Sobat Sehat. Sebab, sampai saat ini belum ada penelitian atau studi yang membuktikan kalau garam bisa menjadi alat tes kehamilan yang akurat. Reaksi yang muncul pada garam dengan urine ini bukan mendeteksi hCG, hormon yang menandakan kehamilan pada perempuan.

Perubahan garam akibat urine ini sebenarnya tergantung dari  nilai pH urine orang itu sendiri. Oleh karena itu, garam tidak dapat digunakan sebagai alat tes kehamilan, begitu pula dengan bahan-bahan lainnya seperti cuka, pasta gigi, pemutih pakaian, dan lain sebagainya. Jadi, apabila Sobat Sehat masih menggunakan garam untuk memastikan kehamilan, sebaiknya segera tinggalkan cara tersebut, ya.

Alat Tes Kehamilan Lainnya

Sobat Sehat tidak perlu khawatir, cara tes kehamilan dengan garam ini tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, hanya tidak memberikan hasil yang pasti apakah Sobat Sehat hamil atau tidak. Oleh karena itu, Sobat Sehat bisa menggunakan alat tes kehamilan lainnya, contohnya test pack.

Test pack adalah alat uji kehamilan yang cara kerjanya dengan cara mendeteksi hormon hCG dalam urine perempuan. hCG sendiri merupakan hormon yang biasanya diproduksi oleh sel telur yang sudah dibuahi dan menempel pada dinding rahim.

Ketika hamil, produksi hCG akan melonjak 2 sampai 3 kali lipat. Jadi, daripada memakai cara tes kehamilan dengan garam, lebih baik Sobat Sehat menggunakan test pack yang ada di Apotek K-24. Menggunakan test pack juga tidak boleh sembarangan karena ada waktu-waktu sendiri yang bisa menjamin hasilnya agar lebih akurat, misalnya:

  • Saat sudah muncul tanda-tanda kehamilan, seperti muntah, telat haid, payudara sensitif, dan lain-lain.

  • Satu minggu setelah lewat jadwal menstruasi.

  • Lakukan di pagi hari.

  • Dua minggu setelah melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Melalui penjelasan di atas, sudah jelas bahwa cara tes kehamilan dengan garam kurang efektif dan akurat untuk hasilnya. Nah, daripada kecewa dengan hasil yang kurang jelas dengan garam, maka gunakan saja test pack.

Menurut Mayo Clinic, test pack memiliki tingkat akurasi hingga 99%, kecuali alatnya sudah rusak atau kadaluarsa. Jadi, jika ingin mengecek status kehamilan, langsung datang saja ke Apotek K-24 untuk membeli test pack yang terjamin keamanan dan keasliannya.