5 CARA MENGOBATI SAKIT GIGI BERLUBANG YANG EFEKTIF MEREDAKAN NYERI

Gigi berlubang menjadi masalah kesehatan yang sangat dihindari oleh banyak orang. Selain membuat ketidaknyamanan, gigi berlubang juga bisa menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Bahkan, beberapa orang tidak sanggup untuk menahan rasa sakit akibat gigi berlubang. Oleh karena itu, mengetahui cara mengobati sakit gigi berlubang agaknya sangat penting jika tiba-tiba mengalaminya.

Menurut data dari Kemenkes RI, lebih dari 25% penduduk Indonesia pasti pernah mengalami masalah gigi, salah satunya gigi berlubang. Penderitanya sendiri bisa dari semua kalangan, mulai anak-anak hingga lansia sekalipun. Jadi, meskipun Sobat Sehat pada usia yang produktif, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk mengalami sakit gigi, lho.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang dapat menimbulkan berbagai gejala yang sangat khas, seperti nyeri, pipi bengkak, gigi ngilu, sakit kepala, dan lain sebagainya. Sobat Sehat tidak boleh main-main dengan masalah yang satu ini karena gigi berlubang bisa menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan.

Selain itu, bila tidak ditangani dengan cepat, gigi berlubang bisa menimbulkan komplikasi, mulai dari infeksi, abses gigi, sepsis, dan gigi tanggal. Maka dari itu, penting sekali untuk mengatasi sakit akibat gigi berlubang, caranya adalah:

Kumur dengan Air Garam

Sejak dulu, berkumur dengan air garam dapat menjadi cara mengobati sakit gigi berlubang paling efektif. Sebab, campuran air dan garam ini sudah terbukti bisa meredakan peradangan yang terjadi pada gusi dan gigi.

Sobat Sehat hanya perlu melarutkan 1-2 sendok makan garam dapur ke dalam segelas air hangat, lalu kumur-kumur selama 30 detik. Ingat, setelah itu Sobat Sehat harus memuntahkan larutan garam ini, ya.

Tambal Gigi

Menambal gigi di dokter gigi juga bisa menjadi salah satu tindakan dalam mengatasi gigi berlubang. Umumnya, dokter akan menambal gigi dengan bahan-bahan khusus, seperti porselen, komposit, emas, perak, atau lain sebagainya. Namun, sebelum tindakan penambalan, gigi yang rusak dan berlubang ini akan dibersihkan terlebih dahulu menggunakan bor.

Minum Obat Sakit Gigi

Cara mengobati sakit gigi berlubang yang selanjutnya adalah tentu dengan minum obat sakit gigi atau pereda nyeri. Banyak sekali obat khusus sakit gigi yang dijual bebas di apotek, khususnya Apotek K-24. Minum obat sakit gigi ini memang terbilang sangat efektif, lho, apalagi untuk meredakan rasa nyerinya.

Namun, sebelum menggunakan obat Sobat Sehat perlu membaca label kemasan dengan teliti. Untuk membelinya, Sobat Sehat langsung datang saja ke Apotek K-24 terdekat, ya. Apotek K-24 selalu siap sedia melayani masyarakat Indonesia sesuai dengan namanya, Apotek K-24, Komplit Obatnya 24 Jam Bukanya.

Perawatan Saluran Akar

Selain tambal gigi, ada juga tindakan dalam cara mengobati sakit gigi berlubang, yaitu perawatan saluran akar. Tindakan ini dilakukan ketika gigi berlubang sudah parah dan sampai pada pembusukan di dalam gigi. Perawatan saluran akar bertujuan untuk membuang saraf di daerah busuk agar tidak menimbulkan rasa sakit. Setelahnya, dokter akan menambal gigi atau memberikan mahkota gigi.

Cabut Gigi

Apabila gigi berlubang yang Sobat Sehat alami sudah benar-benar parah dan tidak bisa diselamatkan lagi, maka mau tidak mau harus dilakukan cabut gigi. Biasanya, setelah dilakukan pencabutan gigi, dokter gigi akan membuat bridge atau memasang gigi implan.

Wah, banyak juga, ya cara mengobati sakit gigi berlubang yang bisa Sobat Sehat lakukan. Perawatan gigi yang sudah rusak atau berlubang memang sangat penting, lho. Sebab, tanpa perawatan yang tepat, gigi rusak bisa menyebabkan rasa sakit yang parah. Jadi, jangan takut-takut untuk ke dokter gigi atau Apotek K-24, ya!