KEBANYAKAN GARAM MENYEBABKAN GANGGUAN KESEHATAN? BENARKAH?

Garam menjadi salah satu bumbu dapur yang sangat berperan penting dalam memberikan cita rasa pada makanan. Namun, Sobat Sehat tahu tidak kalau terlalu banyak konsumsi garam bisa berdampak pada kesehatan tubuh, lho. Sebab, kebanyakan garam menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang bisa berbahaya, kira-kira apa saja ya?

Bagi sebagian orang, konsumsi garam memang sangat nikmat, apalagi kalau dicampur dengan rasa pedas. Sayangnya belum banyak orang yang tahu kalau konsumsi garam yang berlebihan sebenarnya tidaklah baik. Oleh karenanya, WHO mendesak warga di seluruh dunia untuk mengurangi konsumsi garam setiap hari.

Efek Kebanyakan Garam Menyebabkan Apa?

Berdasarkan data, 1 dari 4 orang dewasa di dunia berisiko mengalami gangguan kesehatan karena terlalu banyak makan garam. Oleh karenanya, Kementerian Kesehatan RI memberikan batasan pada orang dewasa dalam mengonsumsi garam agar tidak lebih dari 2000 mg/hari.

Jikalau konsumsi garam ini berlebihan dari angka tersebut, peluang meningkatnya risiko berbagai masalah kesehatan juga akan meningkat. Apa saja gangguan kesehatan ini? berikut penjelasan lengkapnya:

Dehidrasi

Kekurangan cairan atau dehidrasi adalah akibat dari terlalu banyak asupan garam di dalam tubuh. Mengapa bisa? Garam adalah senyawa natrium yang bisa menarik serta menahan cairan di dalam tubuh. Oleh karenanya, untuk membersihkan garam di dalam tubuh, Sobat Sehat memerlukan lebih banyak cairan.

Mengganggu Fungsi Ginjal

Selanjutnya, kebanyakan garam menyebabkan gangguan pada organ ginjal. Sebab, kadar garam yang tinggi dalam tubuh bisa meningkatkan proses pembuangan protein lewat air seni. Hal ini memaksa organ ginjal untuk bekerja lebih keras lagi. Padahal, jika hal ini terus berlangsung, maka ginjal akan turun fungsinya dan membuat penumpukan cairan di beberapa bagian tubuh.

Meningkatkan Risiko Kanker Lambung

Asupan garam yang terlalu tinggi ternyata juga berbahaya untuk organ pencernaan karena bisa berpeluang besar menyebabkan kanker lambung. Sebuah studi dalam jurnal Cancers (Basel) mengatakan tingginya garam dalam tubuh akan membuat peradangan di dalam saluran cerna. Kondisi ini merangsang tumbuhnya sel kanker pada lambung.

Penipisan Massa Tulang

Selain kanker, kebanyakan garam menyebabkan penipisan massa tulang. Kondisi ini terjadi karena adanya hiperkalsiuria, sebuah keadaan di mana ada pembuangan kalsium berlebih lewat urine. Akibatnya, Sobat Sehat akan kekurangan kalsium dalam pembentukan tulang sehingga penipisan massa tulang juga akan terjadi. Apabila dibiarkan, masalah ini bisa berlanjut menjadi osteoporosis, lho.

Meningkatkan Risiko Hipertensi

Salah satu akibat dari konsumsi garam berlebihan yang paling umum terjadi adalah masalah kesehatan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Mengapa bisa demikian? Kandungan natrium dalam garam bisa menarik cairan yang akan masuk ke dalam pembuluh darah.

Akibatnya, volume darah dalam tubuh akan meningkat dan nantinya menyebabkan tekanan yang berlebih dalam pembuluh darah. Ketika seseorang mengalami hal ini, penderita akan mengalami beberapa gejala seperti pusing kepala.

Tidak hanya itu saja, masalah hipertensi akibat kebanyakan garam menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, sangat penting untuk memonitor tekanan darah agar bisa terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Salah satu cara memonitor tekanan darah ini bisa dengan rutin melakukan cek tensi darah di Apotek K-24 terdekat. Sebab, di Apotek K-24 sendiri ada promo cek tensi gratis setiap hari, lho. Jadi, rugi banget kalau Sobat Sehat lewatkan.

Nah, itu dia penjelasan dari kebanyakan garam menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang perlu diwaspadai. Yuk, jaga kesehatan bersama Apotek K-24!