PANTANGAN SETELAH MINUM OBAT SIMVASTATIN, HINDARI AGAR OBAT BEKERJA DENGAN BAIK!

Banyak orang ternyata masih mempertanyakan apa saja pantangan setelah minum obat simvastatin. Sebab, minum obat memang tidak boleh sembarangan jika ingin efektivitasnya terjamin dan bisa menyembuhkan keluhan yang dialami. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu atau kurang paham dengan cara minum obat yang baik dan tepat.

Cara minum obat yang baik ini sebenarnya tidak hanya terbatas dari waktu minumnya saja, tapi juga perlu memperhatikan apa yang bisa mempengaruhi obat atau menimbulkan reaksi obat. Contohnya saja seperti minum obat antibiotik yang tidak boleh disertai dengan minum susu karena bisa mengikat zat aktif di dalamnya. Akibatnya adalah obat tidak akan dapat bekerja secara maksimal.

Apa Kegunaan Obat Simvastatin?

Nah, sebelum membahas pantangan setelah minum obat simvastatin lebih lanjut, Sobat Sehat sebaiknya harus paham apa itu obat simvastatin dan kegunaanya. Simvastatin adalah obat yang termasuk dalam golongan obat statin. Artinya, obat bekerja dengan cara menghambat enzim yang bisa membentuk kolesterol dalam tubuh.

Kegunaan obat simvastatin sendiri untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang ada di dalam tubuh. Selain itu, obat simvastatin juga bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

Oleh karena itu, secara tidak langsung kegunaan obat simvastatin ini agar seseorang terhindar dari risiko stroke dan penyakit jantung. Pada umumnya, obat simvastatin dikonsumsi satu kali sehari, tapi untuk lebih jelasnya, sebaiknya Sobat Sehat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Pantangan Setelah Minum Obat Simvastatin

Dalam usaha untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh ini sebenarnya tidak bisa hanya dengan obat simvastatin saja. Penderita kolesterol tinggi juga perlu menjalankan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sehat, olahraga rutin, manajemen stres, dan istirahat yang cukup.

Selain itu, selama konsumsi obat simvastatin, Sobat Sehat sangat perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Ada beberapa pantangan setelah minum obat simvastatin yang mungkin harus diperhatikan agar obat bisa bekerja dengan sempurna:

  • Makanan tinggi lemak jenuh, seperti sosis, jeroan, makanan kemasan, fast food, minyak kelapa sawit, krim keju, dan seafood selain ikan.

  • Daging merah yang berlemak tinggi, seperti daging sapi atau daging kambing.

  • Kulit ayam atau brutu ayam.

  • Segala jenis gorengan atau makanan yang melalui proses penggorengan dengan minyak goreng.

  • Susu tinggi lemak dan berbagai produk olahannya.

  • Minuman yang tinggi gula dan minuman beralkohol.

Beberapa kelompok makanan dan minuman di atas tidak disarankan karena bisa menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh. Padahal, obat simvastatin sendiri bertujuan agar kolesterol dalam tubuh bisa turun dan terkontrol pada angka normal. Jadi, beberapa makanan dan minuman tersebut justru berkebalikan dari fungsi obat simvastatin.

Cara Menurunkan Kolesterol

Selain konsumsi obat simvastatin dan menjauhi pantangan setelah minum obat simvastatin, Sobat Sehat juga bisa melakukan kegiatan lain dalam usaha menurunkan kolesterol. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan Sobat Sehat:

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur karena serat di dalamnya bisa membantu dalam menurunkan kolesterol jahat.

  • Konsumsi makanan yang kaya akan omega-3 seperti ikan salmon, tunan, kacang kenari, atau biji chia.

  • Olahraga secara teratur karena bisa membakar lemak di dalam tubuh.

  • Hindari kebiasaan merokok karena bisa mengganggu keseimbangan kadar kolesterol.

  • Kontrol berat badan agar tetap dalam angka yang ideal.

  • Rutin melakukan cek kolesterol untuk memonitor kondisi setiap saat.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai obat simvastatin dan beberapa pantangan setelah minum obat simvastatin. Oh iya, Sobat Sehat tahu tidak kalau di Apotek K-24 ternyata melayani cek kesehatan pasien, seperti cek kolesterol, lho.

Jadi, bagi yang ingin memonitor kadar kolesterol, Sobat Sehat bisa langsung datang ke Apotek K-24 terdekat saja. Jaga kesehatan tiap hari bersama Apotek K-24!