5 CARA MENURUNKAN KOLESTEROL DI USIA MUDA UNTUK HIDUP YANG LEBIH SEHAT

Kolesterol yang tinggi kini tidak hanya dialami oleh para orang tua saja, tapi sudah banyak anak muda yang mengalami hal tersebut. Padahal kolesterol yang tinggi dalam tubuh ini bisa berbahaya untuk kesehatan, lho, apalagi bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Oleh karenanya, Sobat Sehat perlu tahu bagaimana sih cara menurunkan kolesterol di usia muda agar tubuh tetap sehat.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa semakin mudah seseorang mempunyai kadar kolesterol tinggi, semakin besar pula peluang terkena penyakit kardiovaskular. Dewasa ini, tidak sedikit anak muda yang memiliki kolesterol tinggi. Usia muda memang menjadi saat-saat yang tepat untuk mencoba segala hal, apalagi mencicipi makanan-makanan yang dianggap lezat dan menggugah selera.

Cara Menurunkan Kolesterol di Usia Muda

Hal tersebut tentu membuat kebiasaan hidup menjadi kurang sehat karena hanya mengonsumsi makanan yang dianggap enak saja. Tidak hanya itu saja, banyaknya jenis pekerjaan yang dilakukan secara online membuat mereka malas untuk bergerak atau istilah gaulnya mager.

Padahal, Sobat Sehat harus tahu bahwa bermula dari kebiasaan-kebiasaan kecil itulah tubuh bisa mempunyai kolesterol tinggi. Tidak hanya membuat tubuh tidak nyaman, kolesterol tinggi bisa menjadi cikal bakal penyakit jantung, stroke, serangan jantung, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, inilah beberapa cara menurunkan kolesterol di usia muda yang patut dilakukan:

Konsumsi Makanan yang Ramah Jantung

Tubuh sebenarnya sudah memproduksi kolesterol secara alami. Oleh karena itu, Sobat Sehat tidak perlu menambah kadar kolesterol dengan makan makanan yang mengandung kolesterol jahat. Sebaiknya kurangi asupan gorengan, makanan fast food, dan makanan berlemak lainnya.

Lebih baik Sobat Sehat konsumsi ikan salmon, kacang-kacangan, papaya, apel, oatmeal, kubis, dan jenis sayur atau buah yang kaya serat lainnya.

Aktif Bergerak

Tubuh yang terbiasa bergerak aktif ternyata bisa menambah kadar kolesterol baik di dalam tubuh, lho. Oleh karena itu, WHO menyarankan agar Sobat Sehat bisa berolahraga selama 30 menit sebanyak lima hari dalam seminggu. Aktivitas ini bisa berupa jalan kaki, bersepeda, jogging, renang, atau olahraga kesukaan lainnya.

Berhenti dari Kebiasaan Merokok

Cara menurunkan kolesterol di usia muda yang selanjutnya adalah berhenti dari kebiasaan merokok jika mempunyai. Bukan menjadi rahasia kalau banyak anak muda di Indonesia yang memiliki kebiasaan merokok, bahkan sejak mereka bersekolah.

Padahal asap rokok yang dihirup ini bisa mempengaruhi tekanan darah dan detak jantung. Apabila Sobat Sehat bisa berhenti dari rokok, mkaa sirkulasi darah dan fungsi paru-paru akan kembali sehat.

Jaga Berat Badan di Angka Ideal

Penumpukan kolesterol bisa mengakibatkan obesitas atau berat badan berlebihan. Maka dari itu, dalam mengatur kadar kolesterol, Sobat Sehat juga perlu memperhatikan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sebab, mengatur asupan kalori ini menjadi kunci utama dalam menjaga berat badan tetap ideal dan kadar kolesterol agar tetap dalam batas aman.

Memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah kebiasaan sehat yang perlu diterapkan sejak dini, demi keadaan tubuh di masa depan.

Rutin Cek Kesehatan

Terbiasa atau rutin mengecek kadar kolesterol bisa menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol di usia muda, lho. Melalui pemeriksaan kolesterol ini, Sobat Sehat bisa memonitor dan melakukan langkah yang tepat sejak dini jika kolesterol terbukti tinggi.

Jadi, Sobat Sehat tidak akan tiba-tiba kaget jika hasilnya tinggi atau mulai merasakan tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda. Oh iya, untuk cek kolesterol tidak perlu pergi ke rumah sakit jika takut, Sobat Sehat bisa mendatangi Apotek K-24 terdekat dari lokasi rumah.

Selain pelayanan kefarmasian, Apotek K-24 menyediakan layanan kesehatan berupa cek kolesterol, cek gula darah, cek tensi, dan cek kadar asam urat. Demikian ulasan tentang cara menurunkan kolesterol di usia muda, semoga bermanfaat. Yuk, jaga kesehatan dengan Apotek K-24, Komplit Obatnya, Sehatkan Indonesia!