CUCI MUKA BERAPA KALI SEHARI? CEK FAKTA MENARIKNYA!

Cuci muka mungkin sudah menjadi kebiasaan semua orang, apalagi di pagi hari setelah bangun tidur. Kebiasaan mencuci muka dengan sabun pembersih wajah memang baik untuk kesehatan kulit, tapi jika tidak dilakukan dengan benar justru bisa menjadi boomerang. Jika demikian, baiknya cuci muka berapa kali sehari dan bagaimana cara cuci muka yang baik?

Banyak orang mungkin beranggapan dengan banyak-banyak cuci muka, maka kulitnya akan lebih bersih sehingga jauh dari bakteri. Namun, apa Sobat Sehat tahu bahwa terlalu banyak mencuci muka ternyata tidak baik untuk kesehatan kulit. Begitu pula dengan jarang-jarang cuci muka, hal ini bisa menyebabkan banyak masalah pada kulit wajah.

Cuci Muka Berapa Kali Sehari?

Kulit wajah memang terbilang lebih sensitif daripada kulit tubuh di bagian lainnya. Hal inilah yang membuat terkadang wajah sering mengalami masalah, seperti timbul jerawat, komedo, kulit kering, dan lain sebagainya.

Selain itu, pada beberapa orang, minyak pada kulit wajah terlihat lebih banyak sehingga mudah menyebabkan masalah kulit. Oleh karena itu, Sobat Sehat sangat disarankan untuk melakukan perawatan wajah seminimal mungkin setiap hari.

Salah satu tahapan perawatan wajah yang paling utama adalah cuci muka menggunakan sabun khusus wajah. Langkah ini sangatlah penting karena dengan mencuci wajah, kulit Sobat Sehat bisa terbebas dari debu, kotoran, bakteri, make up, dan lain-lain. Lalu, cuci muka berapa kali sehari yang baik untuk kesehatan kulit?

Berdasarkan Healthline dan banyak dermatologis, cuci muka sebaiknya dilakukan dua kali dalam satu hari. Cuci muka ini dilakukan pada pagi hari dan malam hari menggunakan sabun khusus pembersih wajah. Apabila Sobat Sehat mencuci muka lebih dari dua kali, nantinya kulit wajah akan menjadi lebih kering.

Jadi, sangat tidak disarankan, ya, mencuci wajah terlalu banyak. Sebaiknya cuci muka sesuai dengan keadaan saja. Apalagi jika kulit Sobat Sehat bersifat sensitif, maka kulit akan mengalami iritasi.

Tips Cuci Muka yang Baik

Melihat penjelasan di atas, jawaban dari baiknya cuci muka berapa kali sehari ini adalah dua kali. Khusus untuk cuci muka di malam hari, Sobat Sehat perlu melakukannya dengan baik dan benar. Berikut tips-tips untuk cuci muka yang baik untuk kesehatan:

  • Bersihkan wajah menggunakan pembersih makeup, biasanya berbahan air atau minyak.

  • Lalu cuci muka dengan sabun khusus pembersih wajah, jangan gunakan sabun mandi biasanya.

  • Pilih sabun pencuci wajah yang sesuai dengan tipe kulit.

  • Jangan lupa bersihkan sampai ke bagian leher dan rahang.

  • Sobat Sehat tidak perlu menggunakan alat bantu, seperti spon, loofah, atau kapas.

  • Keringkan wajah menggunakan handuk yang lembut.

  • Setelah cuci muka, disarankan untuk menggunakan toner wajah.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai cuci muka berapa kali sehari dan apa saja tips-tips menarik dalam mencuci muka. Melalui penjelasan di atas, keberadaan sabun khusus pencuci wajah ini sangatlah penting. Oleh karena itu, pilih dan beli sabun pembersih wajah di tempat yang aman, seperti Apotek K-24.

Sebab, Apotek K-24 hanya menyediakan produk-produk yang sesuai dengan standar dari BPOM dan Kementerian Kesehatan RI. Yuk, jaga kesehatan kulit wajah bersama Apotek K-24!