5 PENYAKIT PADA SISTEM PENCERNAAN YANG SERING TERJADI DAN PERLU DIWASPADAI

Keberadaan sistem pencernaan pada manusia sangatlah penting karena bertugas untuk mencerna makanan dan menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, proses pencernaan bisa terganggu ketika salah satu organ pencernaan mengalami gangguan. Padahal terdapat beberapa penyakit pada sistem pencernaan yang perlu Sobat Sehat waspadai.

Gangguan sistem pencernaan mungkin umum terjadi karena organ-organ inilah yang berhubungan langsung dengan benda luar seperti makanan dan minuman. Seperti yang Sobat Sehat tahu, benda-benda luar ini biasanya mengandung banyak bakteri, virus, dan lain sebagainya. Selain itu, tubuh akan terasa tidak nyaman saat gangguan pencernaan terjadi, jadi jangan sepelekan masalah ini.

Penyakit pada Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan memiliki organ-organ penting yang jumlahnya cukup banyak, mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, pankreas, hati, kantong empedu, dan anus. Nah, masing-masing organ ini paling tidak memiliki satu gangguan yang mungkin terjadi.

Namun, tidak semuanya mudah mengalami gangguan karena ada beberapa penyakit yang memerlukan waktu panjang untuk bisa terjadi. Berikut beberapa gangguan pencernaan yang sering terjadi dan perlu diwaspadai:

1. GERD

Asam lambung naik merupakan suatu keadaan di mana asam lambung naik ke saluran kerongkongan karena katup esofagus yang tidak menutup dengan sempurna. Jika gangguan ini terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu, maka Sobat Sehat dipastikan mengalami GERD (gastroesophageal reflux disease).

Beberapa gejala ketika Sobat Sehat mengalami GERD adalah rasa terbakar di bagian dada (heartburn), nyeri perut, perut kembung, sakit saat menelan, batuk kering, radang tenggorokan, dan lain-lain. Kondisi ini bisa berbahaya jika ditangani dengan tepat, lho.

2. Tukak Lambung

Penyakit pada sistem pencernaan yang sering terjadi selanjutnya adalah tukak lambung. Gangguan ini berupa luka pada lapisan lambung karena infeksi bakteri Helicobacter pylori atau penggunaan obat Pereda nyeri dalam jangka panjang.

Penderita tukak lambung biasanya akan merasakan beberapa gejala, seperti rasa begah, mual, muntah, penurunan nafsu makan, penurunan berat badan, sakit perut yang muncul terus, dan feses berwarna gelap. Penyakit yang satu ini membutuhkan penanganan serius karena termasuk gangguan yang berbahaya..

3. Diare

Peningkatan frekuensi BAB atau diare menjadi penyakit pada sistem pencernaan yang sering terjadi selanjutnya. Hal ini karena diare bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari balita, anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia.

Diare biasanya ditandai dengan feses yang bersifat cair dan akan keluar terus-menerus sehingga penderita harus sering ke kamar mandi. Ada banyak penyebab dari diare, yaitu perubahan pola makan, reaksi alergi, infeksi bakteri, dan konsumsi makanan yang tidak higienis.

Walaupun diare tergolong tidak berbahaya tapi akan menjadi kondisi yang serius jika penderita sampai mengalami dehidrasi.

4. Sembelit

Kebalikan dengan diare, sembelit sebuah keadaan di mana frekuensi BAB menjadi lebih jarang juga menjadi penyakit pada sistem pencernaan. Sembelit biasanya terjadi ketika terjadi penurunan gerakan usus. Seseorang dikatakan mengalami sembelit ketika frekuensi BAB kurang dari 3 kali dalam sepekan.

Gejala dari sembelit ini berupa feses keras, harus mengejan saat BAB, tinja sulit keluar, merasa tidak tuntas ketika BAB, dan perlu bantuan untuk mengeluarkan feses.

5. Wasir

Gangguan wasir merupakan kondisi di mana timbulnya benjolan pada anus bagian luar atau dalam. Hal ini karena ada tekanan pada pembuluh darah vena sehingga anus mengalami pembengkakan. Wasir membuat penderitanya merasakan nyeri di anus, sakit saat BAB, hingga keluar darah ketika BAB. Selain itu, penderita wasir biasanya akan mengalami kesulitan untuk duduk.

Nah, itu dia beberapa penyakit pada sistem pencernaan yang sering terjadi dan patut untuk Sobat Sehat waspadai. Beberapa gangguan di atas ternyata dapat ditangani menggunakan obat-obat yang ada di Apotek K-24. Namun, ada pula penyakit yang membutuhkan penanganan khusus dari dokter.

Jadi, Sobat Sehat perlu untuk selalu menjaga kesehatan pencernaan agar tidak terjadi penyakit di atas. Jika pencernaan sehat, maka aktivitas sehari-hari akan berjalan lancar.