SUSU FORMULA UNTUK BAYI BARU LAHIR, BOLEHKAH DIBERIKAN?

ASI memang menjadi makanan terbaik untuk bayi yang sedang lahir hingga umur 2 tahun nanti. Namun, terkadang ada beberapa keadaan yang membuat bayi harus mendapatkan makanan lain selain ASI. Pada umumnya, orang tua atau dokter akan menyarankan untuk memberikan susu formula. Lalu pada keadaan apa saja sih susu formula untuk bayi baru lahir boleh diberikan?

Undang-undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 menyebutkan bahwa seorang bayi memiliki hak penuh untuk memperoleh ASI eksklusif kecuali jika terdapat indikasi medis. Ada hukuman pidana apabila terdapat pihak yang tidak mendukung dan menjalankan aturan tersebut. Melalui aturan tersebut terlihat bagaimana pentingnya ASI bagi tumbuh kembang bayi di masa depan.

Alasan Memberikan Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

ASI sangat penting bagi bayi karena tinggi nutrisi yang bisa melindungi bayi dari berbagai penyakit. Namun, bagaimana jika terdapat keadaan yang tidak memungkinkan untuk bayi mendapatkan ASI?

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan bahwa Sobat Sehat bisa memberikan susu formula pada bayi baru lahir jika mengalami beberapa kondisi. Berikut adalah beberapa keadaan yang memungkinkan Sobat Sehat untuk memberikan susu formula pada bayi baru lahir:

a. Bayi Lahir Prematur

Kelahiran prematur merupakan keadaan di mana bayi lahir sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu. Alhasil, bayi akan rentan terkena gangguan kesehatan karena organ tubuhnya belum berkembang sempurna.

Bayi yang lahir prematur akan membutuhkan lemak, kalori, dan protein yang lebih banyak daripada bayi yang lahir secara matur. Oleh karena itu, menurut American Family Physician, susu formula untuk bayi baru lahir prematur ini perlu diberikan.

Harapannya dengan tambahan susu formula, bayi prematur bisa mendapatkan nutrisi dan bobot yang optimal.

b. Bayi Sulit Mencerna ASI

Alasan boleh memberikan susu formula untuk bayi selanjutnya adalah ketika bayi sulit untuk mencerna ASI. Kelainan genetik ini membuat bayi tidak memiliki enzim khusus yang dapat mencerna ASI atau susu sapi pada umumnya.

Ada beberapa kelainan bayi yang membuat mereka sulit untuk mencerna ASI, seperti galaktosemia, intoleransi laktosa, maple syrup urine disease, dan fenilketonuria.

c. Bayi dengan Kondisi Tertentu

Susu formula untuk bayi baru lahir boleh diberikan pada bayi yang sudah cukup umur tapi ternyata memiliki beberapa kondisi tertentu. Susu formula dapat menjadi pendamping ASI jika bayi memiliki kondisi seperti:

  • Bayi berisiko hipoglikemia atau kadar gula darah yang rendah walau sudah disusui sesuai jadwal.

  • Bayi dengan masalah hiperbilirubinemia atau bayi kuning.

d. Ibu yang Tidak Dianjurkan untuk Menyusui

Masalah tidak bisa memberikan ASI tidak hanya datang dari bayi saja, tapi bisa juga dari ibu itu sendiri. Ada beberapa keadaan yang membuat ibu tidak disarankan untuk memberikan ASI, baik untuk sementara waktu atau selamanya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa ibu tidak bisa menyusui:

  • Ibu dengan penyakit HIV positif.

  • Ibu yang menderita HTLV atau Human T-lymphotropic Virus.

  • Ibu yang melahirkan prematur dan menderita Citomegalovirus (CMV).

Selain itu, ada juga yang membuat susu formula untuk bayi baru lahir boleh diberikan secara sementara waktu. Hal tersebut disarankan bagi ibu yang sedang mengonsumsi obat-obatan khusus, merokok, minum alkohol, menggunakan narkoba, hingga ibu yang tidak bisa merawat bayinya.

Rekomendasi Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

Memberikan susu formula pada bayi tentu tidak boleh sembarangan. Sebab, Sobat Sehat perlu rekomendasi dari dokter anak dan juga membeli susu formula dari tempat terpercaya, seperti Apotek K-24. Sebab, Apotek K-24 tidak hanya menyediakan obat-obatan saja, tapi juga susu yang aman untuk anak-anak.

Selain itu, Apotek K-24 selalu menyediakan produk asli yang sesuai dengan standar BPOM dan Kemenkes RI. Berikut adalah beberapa rekomendasi susu bayi formula terbaik di Apotek K-24:

  • SGM Ananda 0-6 Bulan

  • Nestle Lactogen 1

  • Nutricia Bebelove 1

  • NAN pHPro 1

  • Nutribaby 1 Royal

  • S-26 Promil Gold 1

  • Enfamil A+ Gentle Care

  • BMT Platinum Moricare 1

Nah, itu dia beberapa susu formula yang bisa Sobat Sehat berikan pada anak jika memang sangat dibutuhkan. Pemenuhan nutrisi pada bayi ini sangat penting karena akan memberikan dampak besar pada tumbuh dan kembang di masa depan nanti.

Oleh karena itu, mari penuhi kebutuhan bayi agar bisa hidup sehat dan bahagia!