CIRI-CIRI DIABETES DI USIA MUDA, WASPADAI SEJAK DINI!

Dewasa ini, orang yang terkena diabetes semakin lama semakin muda. Jika dulu pengidap diabetes kebanyakan orang tua, kini anak-anak atau anak muda sudah banyak yang terkena penyakit gula ini. Tidak hanya itu saja, jumlah dari penderita diabetes ini juga semakin meningkat tiap tahunnya. Sobat Sehat perlu waspada dengan ciri-ciri diabetes di usia muda agar bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Berdasarkan data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), prevalensi anak menderita diabetes meningkat 70 kali lipat pada tahun 2023 dibandingkan pada tahun 2010. Meningkatnya kasus diabetes ini berkaitan erat dengan pola makan yang buruk dan banyaknya tren minuman manis. Padahal penyakit yang satu ini sangat berbahaya dan menjadi penyebab kematian tertinggi.

Ciri-ciri Diabetes di Usia Muda

Usia muda memang menjadi momen bagi seseorang untuk melakukan banyak hal menyenangkan, mencoba makanan dan minuman lezat salah satunya. Apalagi sekarang terdapat banyak pilihan makanan dan minuman manis yang menarik perhatian, baik karena rasa atau iklan di sosial media.

Namun, Sobat Sehat harus tahu bahwa mengonsumsi makanan dan minuman tanpa memperhatikan kandungan di dalamnya dapat menjadi kebiasaan buruk. Sebab, kebiasaan buruk ini nantinya akan menjadi penyebab utama dari penyakit kronis diabetes.

Diabetes Tipe 1

Ciri-ciri diabetes di usia muda ini terbagi menjadi dua golongan, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kerusakan sel beta pankreas yang menyebabkan tidak adanya produksi hormon insulin.

Akibatnya, kadar gula darah akan meningkat karena tidak ada pengolahan dan pencernaan gula. Ada beberapa gejala diabetes tipe 1 yang harus Sobat Sehat waspadai, di antaranya:

  • Penderita cepat sekali merasa lapar dan haus.

  • Kulit dan mulut yang mudah kering.

  • Adanya peningkatan frekuensi buang air kecil.

  • Penurunan berat badan dengan drastis.

  • Penglihatan menjadi buram.

  • Tubuh menjadi cepat merasa lelah.

Diabetes Tipe 2

Sedangkan penyebab utama dari diabetes tipe 2 adalah sel-sel dalam tubuh yang kurang sensitif terhadap hormon insulin. Oleh karenanya, tubuh tidak bisa menggunakan hormon insulin dengan optimal dan kadar gula pun akan meningkat.

Ada beberapa faktor yang mendorong keadaan tersebut, seperti obesitas, tidak aktif bergerak, usia tua, memiliki PCOS, dan diet tak seimbang. Ada beberapa ciri-ciri diabetes di usia muda untuk tipe ini, yaitu:

  • Meningkatnya rasa haus.

  • Penurunan berat badan secara drastis.

  • Peningkatan frekuensi buang air kecil pada malam hari.

  • Proses penyembuhan luka yang lebih lama dari biasanya.

  • Muncul gatal-gatal di sekitar alat kelamin yang disebabkan oleh infeksi jamur.

  • Mata mudah kering.

Cara Mencegah Ciri-ciri Diabetes di Usia Muda

Apa Sobat Sehat tahu kalau sekalinya Sobat Sehat terkena diabetes, maka penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Setelah terkena diabetes, penderita hanya dapat melakukan perawatan dan mengontrol kadar gula agar tetap stabil untuk menjaga kesehatan.

Oleh karena itu, ada pepatah yang mengatakan mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Berikut beberapa langkah mencegah penyakit diabetes yang bisa dilakukan pada kehidupan sehari-hari:

  • Rutin dalam berolahraga untuk meningkatkan produksi insulin dan sensitivitas tubuh.

  • Menerapkan pola makan sehat dan bergizi, seperti makanan berserat tinggi serta berlemak rendah.

  • Rajin minum air putih setiap hari.

  • Memperbanyak asupan vitamin D.

  • Menghentikan kebiasaan merokok.

Itulah beberapa cara agar Sobat Sehat dapat terhindari dari ciri-ciri diabetes di usia muda. Bagi Sobat Sehat yang berjenis kelamin perempuan, ternyata juga ada ciri-ciri diabetes pada wanita yang juga perlu diwaspadai.

Selain melakukan langkah-langkah di atas, Sobat Sehat juga perlu untuk melakukan cek gula darah secara rutin. Pemeriksaan gula darah ini sebaiknya dilakukan setiap 3 tahun sekali pada orang dengan kadar gula darah normal.

Namun, apabila hasil pertama berada di perbatasan, maka disarankan untuk melakukan pengecekan 1-2 tahun. Tidak perlu repot-repot ke rumah sakit untuk cek gula darah karena Sobat Sehat bisa langsung datang ke Apotek K-24 terdekat.

Apotek K-24 menyediakan layanan cek kesehatan, seperti cek gula darah, cek tensi, cek kolesterol, dan cek asam urat. Mari selalu jaga kesehatan tiap hari bersama Apotek K-24.