CIRI-CIRI DIABETES PADA WANITA, TERNYATA BISA MENURUNKAN GAIRAH SEKSUAL!

Diabetes, salah satu penyakit yang umum terjadi dan memiliki jumlah penderita yang pasti naik setiap tahunnya. Selain itu, gangguan kesehatan yang satu ini bisa menyebabkan penyakit turunan yang bisa membahayakan nyawa. Oleh karena itu, penting rasanya mengenali ciri-ciri diabetes pada wanita agar Sobat Sehat lebih waspada.

Sebenarnya diabetes bisa terjadi pada siapa saja, baik laki-laki atau wanita. Namun, ada beberapa gejala diabetes pada wanita yang akan berbeda dengan diabetes pada laki-laki. Adanya gejala yang lebih spesifik ini tentu dapat menjadikan wanita bisa mengetahuinya lebih dini agar penanganan lebih cepat.

4 Ciri-ciri Diabetes pada Wanita

Pada umumnya, gejala penyakit diabetes yang sering terjadi adalah cepat merasakan lapar dan haus, penurunan atau kenaikan berat badan tanpa sebab, dan sering buang air kecil. Namun, ada juga beberapa penderita yang mengalami kelelahan, perut mual, hingga luka yang sulit untuk sembuh.

Selain gejala diabetes yang umum terjadi, terdapat pula gejala diabetes pada perempuan yang khas dan harus Sobat Sehat waspadai. Apa saja? Berikut adalah penjelasan lebih lanjutnya:

1. Adanya Jamur pada Vagina

Wanita yang mengalami penyakit diabetes biasanya mudah mengalami infeksi jamur pada daerah vagina. Hal tersebut bisa terjadi karena kadar gula yang tinggi pada tubuh wanita dapat mendorong pertumbuhan jamur Candida semakin subur.

Tanda-tanda dari vagina berjamur adalah keputihan dalam jumlah banyak, vagina terasa gatal, hingga ada rasa sakit ketika berhubungan intim dengan pasangan. Keputihan memang hal yang wajar terjadi, tapi apabila terlalu banyak dan bukan pada waktunya maka bukan lagi keadaan yang normal.

2. Gairah Seksual yang Menurun

Ciri-ciri diabetes pada wanita yang selanjutnya adalah berupa disfungsi seksual atau gairah seks yang menurun. Mengapa bisa terjadi? Apabila kadar gula darah tinggi, maka vagina seorang wanita akan menjadi lebih kering. Hal ini membuat keadaan yang tidak nyaman untuk berhubungan intim.

Selain itu, penyakit diabetes juga membuat aliran darah di dalam tubuh juga menjadi tidak lancar. Dua alasan inilah yang menjadikan kenikmatan untuk berhubungan seksual berkurang. Tentu saja hal ini menyebabkan wanita malas dan tidak bergairah.

3. Siklus Haid Tidak Normal

Masa haid yang tidak normal ternyata bisa menjadi salah satu gejala diabetes pada wanita. Sebenarnya siklus haid yang berantakan juga dapat menandakan seseorang mengidap PCOS (polycystic ovarian syndrome).

Kondisi PCOS pada wanita menjadi seseorang lebih rentan untuk terkena diabetes. Oleh karena itu, wanita yang terkena diabetes bisa saja mengalami siklus haid yang tidak normal.

4. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Ciri-ciri diabetes pada wanita yang terakhir adalah mengalami infeksi pada saluran kemih atau biasa disebut dengan ISK. Sebab, penderita diabetes biasanya memiliki kadar gula yang tinggi pada urine yang dihasilkan.

Adanya gula yang tinggi akan memudahkan bakteri penyebab infeksi untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, penyakit diabetes juga menjadikan sistem imun menurun, sehingga penderita akan lebih mudah terkena infeksi.

Apakah Diabetes Bisa Sembuh?

Itulah beberapa ciri-ciri diabetes pada wanita yang harus Sobat Sehat ketahui dan waspadai. Sobat Sehat juga harus tahu bahwa daripada laki-laki, wanita lebih sulit untuk mengendalikan kadar gula darah.

Hal ini karena ada fluktuasi hormon yang terjadi ketika menstruasi, melahirkan, menopause. Selain itu, penggunaan pil KB juga dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dan menurunkan respon insulin dalam tubuh.

Diabetes menjadi penyakit yang berbahaya karena sekalinya seseorang terkena diabetes, maka penyakit tidak bisa sembuh sepenuhnya. Selanjutnya penderita diabetes hanya bisa menjalankan perawatan untuk mengontrol kadar gula darah setiap hari.

Pengontrolan gula darah biasanya dilakukan dengan mengatur pola makan, aktif bergerak, hingga menggunakan obat atau suplemen yang dapat ditemukan di Apotek K-24. Sobat Sehat juga dapat menemukan obat dan suplemen khusus diabetes ini di aplikasi Apotek K24, K24Klik.

Namun, biasanya penggunaan beberapa obat ini harus menggunakan resep dokter. Jika Sobat Sehat tidak memiliki resep, Apotek K-24 juga menyediakan layanan Dokter Siaga Online. Sebuah layanan yang membantu Sobat Sehat untuk mendapatkan resep dokter dengan konsultasi.