5 CARA MENGATASI ASAM LAMBUNG NAIK SAAT PUASA YANG AMPUH

Puasa yang lancar tentu saja menjadi harapan banyak orang. Namun, ketika puasa berlangsung, kebanyakan orang berpeluang besar untuk mengalami asam lambung naik, lho. Sebab, kambuh tidaknya asam lambung ini sangat dipengaruhi dengan kebiasaan makan setiap hari. Kalau begitu, bagaimana ya cara mengatasi asam lambung naik saat puasa berlangsung?

Asam lambung naik merupakan gangguan perut yang umum terjadi. Saking umumnya, mungkin semua orang di dunia ini pernah mengalaminya. Meskipun tidak berbahaya, asam lambung bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika Sobat Sehat sedang berpuasa. Pada beberapa keadaan, asam lambung yang tidak ditangani dengan tepat bisa berubah menjadi GERD.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa

Ada banyak faktor yang dapat memicu kambuhnya asam lambung saat puasa, seperti jenis makanan yang dikonsumsi, kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur, dan menahan rasa lapar berkepanjangan. Oleh karena itu, hati-hati dengan kebiasaan sehari-hari, ya.

Masalah asam lambung bisa sangat mengganggu karena gejalanya yang membuat tidak nyaman, seperti sakit perut, ulu hati terasa seperti terbakar, perut terasa penuh, perut kembung, dan lain sebagainya. Nah, kalau sudah merasakan gejala ini, sebaiknya lakukan hal berikut ini:

Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi asam lambung naik yang pertama adalah dengan beristirahat yang cukup. Kurang tidur agaknya menjadi hal yang biasa terjadi ketika berpuasa. Padahal, Sobat Sehat harus mencukupi waktu tidur minimal 7-9 jam setiap hari. Oleh karenanya, Sobat Sehat bisa menambah waktu tidur siang supaya waktu istirahat bisa bertambah dan mencegah kambuhnya asam lambung.

Konsumsi Air Jahe

Minum air jahe ketika sahur atau buka juga bisa menurunkan asam lambung yang naik. Sebab, jahe mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang bisa merilekskan otot lambung. Selain itu, kandungan gingerol dalam jahe juga ampuh dalam mengatasi rasa mual ketika asam lambung kambuh. Inilah yang membuat jahe terbukti ampuh dalam mengatasi asam lambung atau maag.

Hindari Tidur setelah Makan

Menghindari kebiasaan langsung tidur setelah makan juga menjadi salah satu cara mengatasi asam lambung naik, lho. Posisi tidur setelah makan bisa memudahkan terjadinya refluks esofagus, sebuah kondisi di mana kembalinya makanan yang sudah masuk.

Oleh karena itu, Sobat Sehat sangat disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan sahur atau buka puasa. Jika ingin tidur, sebaiknya berikan jeda paling tidak setengah sampai satu jam setelah makan.

Kelola Stres ketika Puasa

Stres berat juga menjadi penyebab utama dari naiknya asam lambung. Maka dari itu, sangat penting untuk mengelola stres ketika berpuasa. Selain untuk menjaga emosi, manajemen stres yang baik juga akan membuat Anda terhindar dari asam lambung naik. Sobat Sehat bisa melakukan beberapa teknik relaksasi, seperti meditasi, mendengarkan musik, atur pernapasan, dan lain sebagainya.

Konsumsi Obat Asam Lambung saat Sahur atau Buka Puasa

Cara mengatasi asam lambung naik saat puasa yang ampuh dan efektif adalah dengan minum obat asam lambung. Sobat Sehat bisa mengantisipasinya dengan minum obat asam lambung saat makan sahur atau buka puasa, ya.

Namun, apabila asam lambung tiba-tiba datang di tengah-tengah puasa dan sangat parah, maka Sobat Sehat lebih baik untuk membatalkannya. Sobat Sehat bisa memilih berbagai jenis obat asam lambung, mulai dari antasida, antagonis H2, dan proton pump inhibitors (PPI).

Obat asam lambung untuk cara mengatasi asam lambung naik ketika puasa ini bisa Sobat Sehat beli secara langsung di Apotek K-24 terdekat. Oh iya, Apotek K-24 ini buka selama 24 jam, jadi tidak perlu khawatir kalau Sobat Sehat membutuhkan obat saat tengah malam atau dini hari.

Selain itu, Sobat Sehat juga bisa memesan obat secara online melalui aplikasi K24Klik. Perut sehat dan puasa nyaman bersama Apotek K-24!