6 PANTANGAN ASAM URAT, HINDARI SEBELUM MEMPERPARAH KESEHATAN TUBUH!

Pantangan asam urat perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan, apalagi jika Sobat Sehat memiliki sakit asam urat. Sebab, semakin kadar asam urat bertambah, maka keadaan ini akan mempengaruhi kesehatan tubuh Sobat Sehat. Kondisi ini akan menimbulkan kristal dalam sendi-sendi dan menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan.

Asam urat biasanya akan menyebabkan rasa nyeri di bagian jari-jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan tumit. Hal ini muncul karena ada kristal-kristal tajam dalam tulang. Ketika asam urat terjadi, penderita bisa mengalami kesulitan bergerak karena menahan rasa sakit. Bahkan, pada keadaan tertentu, ada penderita asam urat yang tidak bisa bergerak sama sekali.

Pantangan Asam Urat

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh adalah kebiasaan sehari-hari, khususnya asupan makanan. Sebab, selain faktor genetik, beberapa makanan dapat memicu munculnya asam urat yang akan berakhir pada gout, lho.

Nah, makanan-makanan ini biasanya akan disebut dengan pantangan penderita asam urat yang lebih baik dihindari. Berikut adalah beberapa contoh makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari penderita:

Daging Merah

Walaupun mengandung protein yang tinggi, daging merah sebenarnya kurang baik untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak. Daging merah yang berupa daging sapi dan kambing ini ternyata mengandung purin yang cukup tinggi. Kandungan purin inilah yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Jadi, bagi penderita asam urat sebaiknya batasi asupan daging merah, maksimal 100 gram dalam sehari.

Jeroan

Pantangan asam urat yang paling utama dan harus dihindari adalah jeroan atau organ dalam dari ayam, bebek, bebek, kambing, dan sapi. Jeroan ini banyak orang yang menyukainya, apalagi jika dimasak dengan cara direbus atau digoreng. Sayangnya, konsumsi jeroan dalam jumlah yang banyak bisa meningkatkan risiko asam urat karena mengandung zat purin yang cukup tinggi.

Minuman Manis

Banyak orang Indonesia yang suka dengan minuman kemasan, padahal minuman ini biasanya mengandung gula yang tinggi, lho. Sobat Sehat perlu tahu kalau minuman ini menjadi salah satu pantangan asam urat karena kandungan fruktosa yang tinggi bisa merangsang produksi asam urat yang berlebihan.

Selain berisiko asam urat, minuman yang tinggi gula juga tidak baik dikonsumsi karena dapat meningkatkan kadar gula dan bisa berakhir diabetes.

Seafood (Makanan Laut)

Konsumsi makanan laut memang baik untuk kesehatan tubuh karena biasanya tinggi akan lemak omega-3-nya. Misalnya saja ikan sarden, udang, kerang, cumi, dan udang yang banyak memiliki manfaat untuk tubuh. Namun, bagi penderita asam urat, konsumsi seafood tidak boleh banyak-banyak, sebab dapat memicu asam urat akibat kandungan purin di dalamnya.

Makanan yang Mengandung Ragi

Penderita asam urat juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung ragi karena termasuk dalam kelompok pantangan asam urat. Ragi atau ekstrak ragi jika digunakan dalam mengolah makanan nanti bisa memperburuk keadaan asam. Sama seperti sebelumnya, makanan yang menggunakan ragi biasanya mengandung purin.

Durian

Buah-buahan sangat penting untuk dikonsumsi setiap hari karena tubuh Sobat Sehat memerlukan asupan vitamin dan mineral. Sayangnya, penderita asam urat sebaiknya menghindari buah durian. Sebab, purin di dalam buah durian cukup tinggi sehingga bisa mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh.

Nah, itu dia beberapa pantangan asam urat yang perlu dihindari karena bisa memperparah kondisi dan menyebabkan nyeri-nyeri di sekitar sendi. Ingat, ya Sobat Sehat, menjaga pola makan sangat penting dalam mencegah asam urat.

Selain itu, Sobat Sehat juga disarankan untuk rutin melakukan cek kadar asam urat agar bisa memonitor kondisi tubuh. Cek asam urat ini bisa dilakukan di Apotek K-24 terdekat, lho. Jadi, Sobat Sehat tidak perlu mengantri atau jauh-jauh ke rumah sakit untuk melakukan cek kesehatan. Yuk, jaga kesehatan setiap hari bersama Apotek K-24!