5 MAKANAN PELANCAR ASI, KONSUMSI SETIAP HARI AGAR ASI MELIMPAH!

Makanan pelancar ASI sangat diperlukan bagi Sobat Sehat yang sedang menyusui buah hati. Beberapa makanan ini dapat membantu permasalahan jika ASI yang keluar hanya sedikit dan kurang bisa memenuhi kebutuhan anak. Seperti yang Sobat Sehat tahu bahwa ASI sangat penting untuk asupan anak di 6 bulan pertama agar tumbuh dan kembangnya berjalan normal.

ASI adalah air susu ibu yang mengandung banyak nutrisi, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, ASI disebut sebagai sumber makanan terbaik untuk bayi. Sayangnya, tidak semua ibu bisa memproduksi ASI dengan jumlah memadai untuk memenuhi kebutuhan bayi. Jika dibiarkan terus, kondisi ini bisa merugikan bayi, lho.

Makanan Pelancar ASI

Sobat Sehat tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa makanan yang bisa menambah atau melancarkan produksi ASI. Makanan ini biasanya disebut dengan makanan laktogenik, sebuah makanan yang mengandung senyawa galaktagog.

Senyawa galaktagog dalam makanan ini mampu meningkatkan hormon prolaktin yang penting dalam membantu menghasilkan ASI setelah Sobat Sehat melahirkan. Berikut beberapa makanan laktogenik yang aman untuk dikonsumsi:

Sayuran Hijau

Salah satu bahan pangan yang menjadi makanan pelancar ASI karena sumber senyawa galaktagog-nya adalah sayuran berwarna hijau. Sobat Sehat bisa memilih beberapa sayuran seperti brokoli, bayam, kale, daun katuk, daun jinten, dan daun alfalfa untuk konsumsi sehari-hari.

Selain galaktagog, sayuran-sayuran tersebut juga mengandung fitoestrogen, serupa dengan hormon estrogen yang bisa mendukung produksi ASI. Sobat Sehat yang sedang menyusui sangat disarankan memakan 1-2 porsi sayuran hijau.

Gandum Utuh dan Oat

Makanan dari gandum utuh dan oat mengandung serat pangan yang sangat tinggi sehingga bisa membuat kenyang lebih lama dan meningkatkan produksi ASI. Selain itu, oat dan gandum ini dapat mencegah anemia, penyebab utama mengapa pasokan ASI menurun pada sebagian besar Busui. Oleh karena itu, pilih makanan yang berbahan dasar gandum atau oat seperti roti gandum, ya.

Kacang-kacangan

Makanan pelancar ASI yang selanjutnya adalah legum atau kacang-kacangan yang kaya nutrisi. Kacang-kacangan ini tidak semua jenis, ya, hanya seperti kacang merah, kacang, kenari, dan kacang almond. Jenis kacang-kacangan ini mengandung protein, kalsium, dan zat besi yang tinggi, di mana nutrisi ini sangat membantu dalam menambah produksi ASI.

Ikan dan Telur

Selama masa menyusui, Sobat Sehat harus mencukupi kebutuhan gizi setiap hari, khususnya protein dan energi. Sebab, kedua nutrisi ini berperan penting dalam pembentukan ASI dalam tubuh Busui. Nah, untuk memenuhi kebutuhan ini, Sobat Sehat dapat mengonsumsi ikan dan telur, sumber protein hewani terbaik untuk Busui.

Namun, sebelum mengonsumsinya Sobat Sehat perlu memasaknya hingga matang, ya. Selain itu, sebaiknya pilih ikan yang rendah akan kandungan merkuri

Produk Pelancar ASI

Sobat Sehat bisa memanfaatkan produk-produk khusus Busui sebagai makanan pelancar ASI, lho. Berbagai produk pelancar ASI ini biasanya sudah didesain secara khusus dengan bahan-bahan sehat dan bermanfaat untuk menambah produksi ASI.

Salah satu contoh produk sehat yang mampu untuk menambah dan melancarkan ASI adalah sebagai berikut:

  • ASI Booster Momsy

  • Almond Milk Momsy

  • ASI Booster Mom Uung

Ketiga produk kesehatan di atas bisa dibeli melalui Apotek K-24 terdekat agar terjamin keamanan dan keasliannya. Oh iya, untuk produk ASI Booster Momsy dan Almond Milk Momsy ini sedang ada promo potongan harga di Apotek K-24 selama periode 1-29 Februari 2024, lho.

Jadi, sayang sekali kalau dilewatkan apabila Sobat Sehat sedang membutuhkannya untuk menyusui si Kecil. Demikian ulasan tentang makanan pelancar ASI yang bisa dikonsumsi dengan aman setiap hari. Yuk, penuhi kebutuhan si Kecil bersama Apotek K-24!