5 CARA MENURUNKAN TENSI TINGGI MENJADI NORMAL DENGAN CEPAT DAN EFEKTIF

Darah tinggi yang dibiarkan terlalu lama ternyata tidak bagus untuk kesehatan, lho. Sebab, kondisi ini dapat berpengaruh pada fungsi dan kesehatan jantung. Padahal, seperti yang kita tahu, jantung adalah organ yang penting dalam menjaga aliran darah setiap saat. Oleh karena itu, Sobat Sehat yang memiliki darah tinggi sebaiknya tahu cara menurunkan tensi tinggi menjadi normal dengan cepat.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa menyerang siapa saja, dari anak-anak hingga orang lansia sekalipun. Masalah tensi tinggi ini kadang kala tidak menimbulkan gejala tertentu selain sakit kepala. Hal inilah yang membuat hipertensi berbahaya karena diam-diam bisa menyebabkan penyakit turunan, seperti serangan jantung, penyakit jantung, stroke, hingga kematian.

Cara Menurunkan Tensi Tinggi Menjadi Normal dengan Cepat

Oleh karena itu, apabila sudah memiliki tekanan darah atau tensi di atas 120/80 mmHg, Sobat Sehat disarankan untuk segera menurunkannya agar tidak membahayakan kesehatan. Selain itu, tekanan darah tinggi bisa disebabkan karena beberapa hal.

Beberapa hal yang menyebabkan hipertensi ini bisa berupa pola makan tidak sehat, kurang olahraga, obesitas, diabetes, dan lain-lain. Untuk menurunkan tensi, Sobat Sehat bisa melakukan beberapa kegiatan berikut ini:

Kurangi Konsumsi Garam

Cara menurunkan tensi tinggi menjadi normal dengan cepat yang pertama ini bisa dengan mengurangi asupan garam atau natrium setiap hari. Garam sangat sering dimasukkan pada makanan untuk menambah cita rasa.

Namun, jika jumlah konsumsi garam terlalu banyak, tekanan darah bisa meningkat secara drastis, lho. Sobat Sehat hanya boleh mengonsumsi garam dengan jumlah yang disarankan, yaitu 1500-2000 mg tiap hari.

Jaga Pola Makan Sehat

Mengatur pola makan setiap hari ternyata dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan tensi darah. Contohnya dengan mengurangi makanan yang tinggi kolesterol atau lemak jenuh dan perbanyak makanan yang mengandung kalium.  Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita hipertensi, seperti biji-bijian, buah, sayuran, dan legum.

Rutin Berolahraga

Rajin berolahraga dan aktivitas fisik juga bisa menjadi cara menurunkan tensi tinggi menjadi normal dengan cepat. Sebab, dengan berolahraga, aliran darah dalam pembuluh darah akan berjalan lancar. Terdapat olahraga yang disarankan, seperti berjalan kaki, yoga, berenang, dan bersepeda.

Jadi, jika belum membiasakan olahraga, segera bentuk kebiasaan untuk melakukan aktivitas fisik, ya. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hindari Stres

Sering mengalami stres ternyata dapat menyebabkan tekanan darah yang melonjak, hal ini sebenarnya respon yang alami. Oleh karenanya, ketika Sobat Sehat sedang banyak pikiran dan stres, maka hal yang perlu dilakukan adalah berusaha tenang dan lakukan teknik pernapasan. Selain itu, Sobat Sehat juga bisa melakukan hobi, mendengarkan musik, dan meditasi.

Konsumsi Obat untuk Darah Tinggi

Apabila langkah-langkah di atas kurang berhasil, maka cara menurunkan tensi tinggi menjadi normal dengan cepat dan efektif adalah dengan minum obat khusus darah tinggi. Penggunaan obat darah tinggi sangat disarankan asal tidak sembarangan dan dengan resep dokter, apalagi jika Sobat Sehat memiliki riwayat penyakit lainnya.

Darah tinggi yang hanya terjadi pada keadaan tertentu saja memang tidaklah berbahaya. Namun, akan lebih baik jika Sobat Sehat bisa mencegahnya. Salah satu caranya adalah dengan rutin melakukan cek tensi darah agar Sobat Sehat bisa memonitor dan mengontrol keadaan tekanan darah.

Oh iya, cek tensi darah ini bisa dilakukan secara mandiri dengan tensimeter atau langsung datang saja ke Apotek K-24 terdekat. Sobat Sehat perlu tahu kalau cek tensi di Apotek K-24 ini gratis setiap hari, lho. Jadi, Sobat Sehat bisa melakukan cek tekanan darah setiap hari dan kapan saja.

Demikian ulasan tentang cara menurunkan tensi tinggi menjadi normal dengan cepat, semoga dapat bermanfaat!