5 CARA MENJAGA KESEHATAN TUBUH, AMPUH DAN FIT SETIAP HARI!

Musim hujan menjadi saat-saat di mana Sobat Sehat mudah terserang penyakit infeksi. Sebab, lingkungan lembap dan suhu yang rendah membuat virus atau bakteri penyebab penyakit mudah berkembang. Meskipun tidak berbahaya tapi penyakit infeksi bisa sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Namun, tenang saja karena ada 5 cara menjaga kesehatan tubuh di musim hujan.

Tanpa ada perhatian yang tepat, sistem imun Sobat Sehat bisa menurun ketika musim hujan, lho. Apalagi jika setiap hari Sobat Sehat harus mengalami kehujanan saat pergi atau pulang dari sekolah atau bekerja. Akibatnya, Sobat Sehat mudah terserang berbagai gangguan kesehatan seperti batuk, pilek, sakit kepala, demam, diare, dan lain sebagainya.

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Walaupun infeksi virus dan bakteri sangat mudah terjadi saat musim hujan tapi Sobat Sehat bisa mencegah hal tersebut. Salah satu kunci utama dalam menjaga kesehatan ketika musim hujan adalah membiasakan hidup sehat dan bersih.

Berikut beberapa tips dalam menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit ketika hujan terus mendatangi Indonesia:

Istirahat dengan Cukup

Tidur dalam waktu 7-8 jam setiap hari merupakan kebiasaan yang wajib dilakukan saat musim hujan. Hal ini karena dalam waktu tersebut, tubuh akan memulihkan energi dan mengganti sel-sel yang rusak secara alami. Selain itu, dengan waktu tidur yang cukup, konsentrasi dan produktivitas Sobat Sehat juga akan meningkat. Jadi, jangan suka begadang, ya saat musim hujan agar kesehatan tetap terjaga.

Minum Air Putih sesuai Kebutuhan

5 cara menjaga kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Air putih yang masuk ke dalam tubuh berperan penting dalam mengeluarkan sisa-sisa proses metabolisme dan racun secara optimal.

Jadi, minum air putih ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Sobat Sehat. Oleh karena itu, Sobat Sehat sangat disarankan untuk minum air putih sebanyak 1-5 sampai 2 liter setiap hari.

Rajin Berolahraga

Rutin berolahraga ternyata masuk ke dalam 5 cara menjaga kesehatan tubuh, lho. Sebab, dengan melakukan aktivitas fisik, sirkulasi darah tubuh akan bekerja secara optimal. Alhasil, sel darah putih yang berperan dalam membentuk imunitas tubuh akan maksimal dalam melawan virus atau bakteri.

Selain memaksimalkan daya tahan, olahraga juga akan membantu menjaga berat badan agar tetap ideal sehingga terhindar dari obesitas. Sobat Sehat disarankan untuk melakukan olahraga setidaknya 150 menit dalam sepekan.

Perhatikan Asupan Makanan

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang juga menjadi kunci utama dalam menjaga kesehatan selama musim hujan. Sebab, dengan tercukupinya nutrisi makro dan mikro, maka setiap sel tubuh akan bekerja secara optimal, khususnya sistem imun tubuh.

Maka dari itu, selalu pastikan menu makan Sobat Sehat mengandung gizi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat pangan.

Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

5 cara menjaga kesehatan tubuh yang selanjutnya ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan. Kadang kala ada orang yang mungkin lupa untuk mengonsumsi sayur atau buah yang menjadi sumber vitamin dan mineral.

Salah satu jalan keluarnya adalah dengan selalu sedia multivitamin dan suplemen yang bisa dibeli di Apotek K-24 terdekat. Nah, pas sekali di Apotek K-24 ini sedang ada promo berupa potongan harga untuk beberapa produk vitamin selama periode 1-29 Februari 2024. Beberapa produk yang dimaksud ini adalah sebagai berikut:

  • Renovit Gold (Potongan harga Rp 5000,00)

  • Fitkom Gummy Biru dan Hijau (Potongan harga Rp 2700,00)

  • Fitkom Gummy Kuning (Potongan harga Rp 2900,00)

  • Imboost Force (Potongan harga Rp 6000,00)

  • Imboost Cough (Potongan harga Rp 3200,00)

  • Imboost Force Kids (Potongan harga Rp 8300,00)

  • Imboost Kids (Potongan harga Rp 6700,00)

Itu dia 5 cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa Sobat Sehat lakukan secara mandiri selama musim hujan. Ingat, ya, menjaga kesehatan ini sangat penting, apalagi jika Sobat Sehat setiap harinya sibuk dengan aktivitas sekolah atau bekerja.