CIRI CIRI PENYAKIT GULA YANG PERLU DIWASPADAI, PAHAMI SEJAK DINI!

Ciri ciri penyakit gula perlu Sobat Sehat ketahui dan pahami karena masalah kesehatan ini sangat berbahaya. Sebab, penyakit gula ini jika dibiarkan bisa menyebabkan kematian dan mengganggu kesehatan. Selain itu, sekalinya terkena penyakit gula, penderita tidak akan bisa sembuh sepenuhnya.

Sama seperti namanya, penyakit gula atau diabetes adalah gangguan kesehatan yang disebabkan karena asupan gula yang terlalu tinggi. Akibatnya kadar glukosa dalam darah juga akan mengalami peningkatan. Terdapat dua jenis diabetes yang bisa diderita, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Ciri ciri Penyakit Gula yang Harus Diwaspadai

Penyakit gula tidak memandang gender atau usia, lho, jadi siapa saja bisa mengalaminya, baik anak-anak atau orang dewasa. Bahkan, menurut penelitian sendiri kini rentang usia penderita diabetes semakin muda, yang berarti banyak anak-anak yang mengalaminya.

Kondisi tersebut tentu sangat berbahaya karena sekalinya terkena penyakit gula, Sobat Sehat akan memilikinya seumur hidup. Jadi, kenali gejala penyakit gula sejak dini, ya, agar Sobat Sehat bisa mendapatkan penanganan yang tepat, contohnya:

Sering Buang Air Kecil

Sobat Sehat pernah tidak merasa harus sering ke kamar mandi untuk buang air kecil walau tidak banyak minum air? Jika pernah, hal ini bisa menjadi ciri ciri penyakit gula yang umum terjadi. Kelebihan glukosa dalam darah membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring gula.

Akibatnya, tubuh akan memproduksi urine lebih banyak sehingga frekuensi buang air kecil juga akan meningkat. Waspada jika Sobat Sehat perlu buang air kecil lebih dari 8 kali dalam sehari.

Cepat Merasa Lapar

Orang yang sudah terkena penyakit gula biasanya tubuhnya akan mengalami resistensi insulin. Padahal, tubuh memerlukan insulin untuk memproses gula dari makanan menjadi energi. Ketika hal ini terjadi, tubuh tidak bisa memproses makanan sehingga akan cepat merasa lapar dan mudah lelah meski baru saja makan besar.

Cepat Haus Walau Sudah Minum Banyak

Ciri ciri penyakit gula yang selanjutnya adalah Sobat Sehat akan cepat-cepat merasa haus padahal sudah banyak minum. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu gejala diabetes adalah sering buang air kecil, jadi kondisi ini juga akan membuat penderitanya sering haus.

Penglihatan Kabur

Terjadinya peningkatan kadar gula darah ternyata bisa menyebabkan perubahan keseimbangan cairan dalam tubuh. Keadaan ini dapat membuat lensa mata membengkak sehingga titik fokus mata akan berubah. Apabila kondisi ini terjadi terlalu lama, maka akan mempengaruhi daya penglihatan yang berupa penglihatan kabur hingga kebutaan.

Penurunan Berat Badan

Turunnya berat badan secara drastis juga dapat menjadi gejala penyakit gula yang sangat sering terjadi. Penurunan berat badan ini akibat dari tubuh yang tidak bisa memproses energi dari makanan. Alhasil, lemak yang tersimpan dalam tubuh akan dibakar untuk menghasilkan energi.

Luka Sulit Sembuh

Selanjutnya, ciri ciri penyakit gula yang menjadi ciri khas adalah luka pada kulit yang lama atau sulit sembuh. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh menyebabkan aliran darah menjadi terganggu. Akibatnya, penyembuhan luka secara alami akan terhambat, bahkan terbilang lama. Pada kondisi tertentu, luka yang terjadi bukan malah sembuh tapi justru bisa membusuk.

Melihat penjelasan di atas, penyakit gula atau diabetes ini memang terbilang berbahaya. Selain karena ciri ciri penyakit gula, komplikasi dari diabetes juga bermacam-macam, mulai dari penyakit jantung, stroke, infeksi kaki berat, kerusakan saraf, dan kerusakan organ ginjal.

Oleh karena itu, melakukan cek gula darah sangatlah penting dalam proses pencegahan penyakit diabetes. Nah, untuk cek gula darah sendiri Sobat Sehat bisa langsung datang ke Apotek K-24 terdekat.

Selain pelayanan kefarmasian, Apotek K-24 juga menyediakan pelayanan cek kesehatan, mulai dari cek gula darah, cek kolesterol, cek tensi darah, dan cek asam urat. Jadi, untuk pemeriksaan kesehatan Sobat Sehat tidak perlu jauh-jauh ke rumah sakit lagi.