5 CARA MENGHILANGKAN MATA PANDA YANG AMPUH UNTUK KEMBALIKAN PENAMPILAN

Mata panda kadang kala bisa menurunkan rasa percaya diri karena dapat mengganggu penampilan. Sebab, keberadaan mata panda akan membuat wajah terlihat tampak lebih tua, tidak segar, dan lelah. Meskipun tidak berbahaya tapi mata panda menandakan bahwa Sobat Sehat mempunyai kebiasaan yang tidak sehat. Lalu bagaimana cara menghilangkan mata panda?

Mata panda merupakan sebuah keadaan di mana muncul lingkaran hitam di sekitar mata. Kondisi ini biasanya akan disertai dengan mata bengkak atau sembap. Mata panda ini sebenarnya tidak berbahaya karena bisa hilang dengan sendirinya. Selain itu, lingkaran hitam pada mata bisa terjadi pada siapapun, baik laki-laki atau perempuan.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Banyak sekali penyebab yang bisa membuat munculnya mata panda, mulai dari dehidrasi, alergi, kurangnya waktu tidur, kebiasaan merokok, terlalu lama melihat gadget, hingga faktor genetik. Selain itu, semakin orang bertambah usia, semakin besar kemungkinan munculnya mata panda.

Sebab, ada penipisan kulit dan serta berkurangnya kolagen dan jaringan lemak. Namun, bagi Sobat Sehat yang masih muda, mata panda atau kantung mata ini bisa dihilangkan dengan berbagai cara, lho. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Mencukupi Kebutuhan Tidur

Cara menghilangkan mata panda yang paling efektif tentu saja dengan memenuhi waktu tidur saat malam hari. Sebuah studi mengatakan bahwa kurang tidur bisa memperburuk lingkaran hitam pada mata.

Selain memenuhi kebutuhan tidur selama 7 sampai 8 jam setiap hari, Sobat Sehat juga perlu memposisikan kepala agar lebih tinggi dari tubuh. Posisi tidur ini dapat mencegah terjadinya pembengkakan di sekitar wajah.

Apabila Sobat Sehat memiliki gangguan tidur, maka Sobat Sehat sesekali bisa minum obat tidur untuk mengatasinya. Obat tidur yang aman ini bisa Sobat Sehat beli lewat Apotek K-24 terdekat, ya. Namun, untuk lebih amannya, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker secara langsung.

Kompres dengan Air Dingin atau Es

Mengompres air dingin atau es juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata. Sebab, kompres yang dingin dapat membantu mengecilkan pembuluh darah yang melebar penyebab mata panda. Caranya sendiri Sobat Sehat tinggal membungkus es batu dengan waslap atau handuk lembut lalu letakkan di sekitar mata selama 15-20 menit.

Kompres Kantung Teh

Selain kompres dingin, Sobat Sehat juga dapat menggunakan kantung teh untuk mengompres dalam cara menghilangkan mata panda. Ini karena teh memiliki kandungan kafein dan antioksidan yang tinggi. Kedua kandungan ini berfungsi untuk merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi penumpukan cairan.

Caranya sangat mudah, rendam kantong teh dalam air panas selama 5 menit, lalu dinginkan di lemari es selama 15-20 menit. Setelah itu, letakkan kantong teh di sekitar mata.

Gunakan Krim Mata

Menggunakan krim mata sepertinya juga akan efektif dalam menghilangkan kantung mata. Namun, Sobat Sehat perlu memilih krim mata yang mengandung bahan-bahan yang aman, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, atau ekstrak daun teh. Kandungan-kandungan inilah yang nanti akan membantu dalam mengurangi lingkaran hitam di mata.

Banyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab kantung mata adalah dehidrasi, jadi cara menghilangkan mata panda ini bisa dengan memperbanyak minum air putih. Setiap hari Sobat Sehat disarankan untuk minum air putih sebanyak 1,5-2 liter, setiap orang bisa membutuhkan asupan yang berbeda-beda. Selain mengurangi mata panda, air putih juga cukup efektif dalam mendukung elastisitas dan kesehatan kulit.

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan mata panda yang dapat Sobat Sehat lakukan di rumah. Mata panda ini tidaklah berbahaya, tapi kalau Sobat Sehat terganggu dengan keberadaannya maka segera lakukan langkah-langkah sederhana di atas, ya.