SAKIT KEPALA BAGIAN BELAKANG, APA SAJA PENYEBABNYA?

Mengalami sakit kepala agaknya menjadi hal yang biasa dialami karena gangguan ini bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu. Sakit kepala ini bisa terjadi di seluruh bagian tapi juga bisa di bagian kanan, kiri, depan, atau belakang saja. Meskipun bisa hilang dengan sendirinya, Sobat Sehat perlu tahu penyebab sakit kepala bagian belakang agar dapat mengatasinya dengan tepat.

Semua orang di dunia mungkin pernah mengalami sakit kepala karena hal yang remeh seperti kebiasaan hidup sehari-hari saja bisa menjadi penyebabnya. Walau tidak berbahaya, sakit kepala bisa sangat mengganggu kegiatan sehari-hari dari Sobat Sehat. Sebab, intensitas sakit kepala setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung keadaan yang dialami.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Sakit kepala di bagian belakang terkadang membuat sebagian orang khawatir karena bisa terjadi secara ringan dan parah. Ketika intensitas sakit kepalanya ringan, mungkin keluhan bisa hilang dengan sendiri.

Berbeda keadaan jika sakit kepala terjadi dengan intensitas berat dan disertai dengan gejala lainnya. Hal ini bisa menjadi tanda dari penyakit tertentu yang perlu diwaspadai. Nah, berikut adalah beberapa penyebab mengapa kepala bagian belakang mengalami sakit:

Ketegangan dan Kelelahan Otot

Salah satu penyebab dari sakit kepala bagian belakang yang paling umum adalah adanya ketegangan pada otot-otot kepala. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal seperti kurang tidur, stres, rasa lapar, dan kurang tidur.

Keadaan tersebut sebenarnya tidaklah berbahaya tapi bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apabila tidak segera hilang, Sobat Sehat disarankan untuk beristirahat atau tidur terlebih dahulu.

Migrain

Sakit kepala di bagian belakang juga bisa menjadi tanda kalau Sobat Sehat mengalami migrain. Gangguan ini ditandai dengan nyeri di satu sisi kepala saja, baik depan, kanan, kiri, atau belakang. Penderita migrain biasanya juga mengalami gejala lainnya seperti mual dan muntah. Menurut sebuah penelitian, migrain bisa terjadi ketika ada perubahan cuaca, stres, gangguan tidur, dan stres.

Olahraga Berlebihan

Melakukan olahraga secara berlebihan juga dapat menjadi penyebab sakit kepala bagian belakang, lho. Dengan intensitas yang tepat, olahraga adalah kebiasaan yang sehat karena sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sayangnya, jika Sobat Sehat terlalu banyak berolahraga, hal ini justru menjadi bumerang bagi kesehatan. Sebab, Sobat Sehat bisa mengalami kelelahan dan sakit kepala karena pembuluh darah akan menyempit.

Temporal Arteritis

Penyebab yang satu ini berhubungan erat dengan pembuluh darah. Temporal arteritis merupakan peradangan pada arteri yang menyuplai darah ke kepala dan otak akibat adanya pelemahan kekebalan tubuh karena penggunaan antibiotik.

Umumnya, gejala yang dirasakan bisa berupa sakit kepala seperti tertusuk di belakang kepala juga leher, gangguan penglihatan, nafsu makan berkurang, nyeri otot, dan kulit kepala berkeringat berlebihan.

Gaya Hidup

Munculnya sakit kepala bagian belakang juga bisa disebabkan karena gaya hidup sehari-hari. Mulai dari asupan makanan atau minuman sehari-hari, aktivitas fisik, stres, dan ketercukupan waktu istirahat sangat berpengaruh besar pada kondisi kesehatan.

Kurang istirahat, sering stres, dan salah makan bisa menjadi penyebab utama dari sakit kepala. Oh iya, orang yang mempunyai kebiasaan merokok juga sangat rentan mengalami sakit kepala, lho.

Melihat penjelasan di atas, sakit kepala memang tidaklah berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya dengan istirahat. Namun, apabila sakit kepala bagian belakang ini tidak segera hilang, Sobat Sehat bisa minum obat sakit kepala untuk membantu meringankan gejala.

Minum obat sakit kepala ini biasanya menjadi cara yang efektif untuk mengatasi keluhan jika Sobat Sehat ingin segera beraktivitas. Namun, untuk membelinya akan lebih aman bila melalui fasilitas yang resmi menyediakan obat seperti Apotek K-24 terdekat. Mengalami sakit kepala? Apotek K-24 yang Komplit Obatnya dan 24 Jam Bukanya siap menjadi solusi yang efektif dan ampuh.