CARA MENGATASI PERUT BEGAH YANG AMPUH DAN TERBUKTI EFEKTIF

Perut begah adalah masalah yang sangat umum terjadi, hampir semua orang di dunia mungkin sudah pernah mengalaminya. Masalah perut yang satu ini sebenarnya tidak berbahaya tapi Sobat Sehat tetap membutuhkan cara mengatasi perut begah yang ampuh. Sebab, jika tidak ditangani dengan tepat, mengalami perut begah ini sangat tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas setiap hari.

Pada umumnya, perut begah muncul ketika seseorang selesai mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Sobat Sehat yang mengalami perut begah biasanya akan merasakan perut yang terasa penuh dan kencang meski hanya makan atau minum dalam jumlah yang sedikit. Selain itu, perut begah juga bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan, seperti maag, GERD, tukak lambung, dan lain-lain.

Cara Mengatasi Perut Begah

Perut begah bisa terjadi karena banyaknya gas atau udara yang terperangkap di dalam saluran cerna. Dalam beberapa waktu, perut begah bisa sembuh sendiri dengan cara gas keluar melalui sendawa atau kentut.

Jadi, tidak heran jika terkadang Sobat Sehat merasa harus bersendawa atau kentut setelah mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Meski bisa hilang dengan sendirinya tapi Sobat Sehat bisa mempercepat penyembuhan dengan berbagai cara, di antaranya:

Minum Minuman Hangat

Cara mengatasi perut begah yang pertama dan sering dilakukan banyak orang adalah minum air hangat. Air hangat yang dimaksud ini bisa dalam bentuk air putih, teh hangat, air jahe, teh kunyit, atau the peppermint.

Berbagai minuman hangat ini sama-sama bisa mengatasi perut begah. Sebab, minuman hangat yang masuk dapat mempercepat pengosongan lambung dan meredakan gangguan pencernaan seperti perut begah ini.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Probiotik

Ketika terjadi perut begah, Sobat Sehat bisa coba untuk mengonsumsi yogurt, tempe, kimchi, atau makanan fermentasi lainnya. Hal ini karena jenis makanan tersebut mengandung banyak probiotik, sebuah bakteri baik yang bertugas untuk melindungi sistem pencernaan. Makanan berprobiotik ini bisa mengembalikan keseimbangan bakteri baik di usus dan menyerap kelebihan gas di dalamnya.

Olahraga

Aktif bergerak atau olahraga rutin ternyata bisa menjadi cara mengatasi perut begah, lho. Sebab, semua jenis olahraga efektif untuk membantu Sobat Sehat untuk mengeluarkan gas dalam perut. Namun, jika ingin lebih efektif, Sobat Sehat bisa memilih olahraga yang berfokus pada bagian perut.

Hindari Makanan yang Memicu Perut Begah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perut begah biasanya dialami setelah Sobat Sehat makan atau minum. Hal ini karena ada beberapa kelompok makanan yang dapat memicu perut begah, biasanya disebut dengan FODMAP, contohnya:

  • Oligosakarida yang berupa gandum, bawang merah, bawang putih, polong, dan kacang-kacangan.

  • Disakarida berupa susu dan produk olahannya.

  • Monosakarida atau makanan yang mengandung pemanis tambahan.

  • Poliol, sebuah zat dalam apricot, kembang kol, plum, dan permen karet.

Mengatasi dengan Obat Perut Begah

Cara mengatasi perut begah yang paling efektif dan ampuh ini bisa menggunakan obat untuk perut begah, khususnya jika yang berhubungan dengan asam lambung naik, maag, tukak lambung, dan masalah lainnya.

Ada beberapa jenis obat untuk perut begah, seperti antasida, simethicone, alpha-galactosidase, suplemen laktase, dan karbon aktif. Sobat Sehat bisa mendapatkannya di Apotek K-24 dalam berbagai produk, seperti:

  • Promag

  • Vometa Sirup

  • Polysilane

  • Antasida Doen

  • Mylanta Cair

  • Neosanmag Fast Tablet

  • Plantacid Chew Tablet

  • Freshmag

Dari berbagai contoh obat untuk sakit perut di atas, produk Freshmag ini sedang ada promo potongan harga sebesar Rp 5000,00 rupiah di Apotek K-24. Jadi, bila Sobat Sehat mengalami perut begah dan sedang mencari cara mengatasi perut begah, langsung datang saja ke Apotek K-24 terdekat.