4 CARA MENGHILANGKAN BRUNTUSAN DI JIDAT, AMPUH KEMBALIKAN RASA PERCAYA DIRI

Berbagai cara menghilangkan bruntusan di jidat mungkin sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang sering mengalami masalah di wajah. Walaupun tidak membahayakan kesehatan tapi bruntusan bisa sangat mengganggu penampilan. Bahkan, bagi sebagian orang memiliki bruntusan di jidat bisa mengurangi rasa percaya diri karena bisa terlihat secara langsung.

Bruntusan di jidat ini biasanya berbentuk seperti bentolan-bentolan kecil berwarna kemerahan dengan jumlah yang tidak sedikit. Selain itu, kulit di bagian wajah akan bertekstur lebih kasar dan tidak rata. Sobat Sehat sebenarnya bisa mengalami bruntusan di bagian mana saja, baik jidat, pipi, hidung, hingga dagu sekalipun. Jadi, jangan heran kalau Sobat Sehat tiba-tiba mengalami bruntusan selain di jidat.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat

Ada beberapa penyebab bruntusan yang perlu Sobat Sehat waspadai, seperti biang keringat, alergi, pemakaian skincare & make up tidak cocok, paparan polusi, perubahan hormon, jarang mencuci muka, dan lain sebagainya.

Penyebab-penyebab di atas dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak. Selain faktor hormon dan alergi, tentu saja penyebab-penyebab bruntusan lainnya dapat Sobat Sehat hindari dengan membiasakan hidup sehat dan bersih.

Nah, berikut ini adalah cara menghilangkan bruntusan di jidat yang bisa dilakukan kapan saja:

Rajin Mencuci Wajah dengan Sabun Khusus

Menjaga kebersihan kulit merupakan langkah paling dasar dalam mencegah dan mengatasi bruntusan. Sobat Sehat sebaiknya membersihkan wajah dengan sabun khusus sebanyak dua kali dalam sehari, pada pagi dan malam hari.

Dalam membersihkan wajah, gunakan produk pembersih wajah dengan kandungan pH yang sesuai dengan kulit wajah dan formula lembut. Oh iya, beberapa sabun cuci wajah yang aman ini bisa Sobat Sehat beli di Apotek K-24 terdekat, lho. Penggunaan produk dari Apotek K-24 ini terjamin aman untuk kesehatan karena sudah sesuai dengan standar Kemenkes RI dan BPOM.

Rutin Melakukan Eksfoliasi

Selain mencuci wajah, rutin melakukan eksfoliasi wajah juga menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan di jidat yang cepat. Kegiatan eksfoliasi ini memiliki beberapa tujuan, seperti mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori kulit secara mendalam.

Eksfoliasi bisa dilakukan secara mandiri dengan menggunakan produk-produk yang mengandung AHA, BHA, retinoid, asam laktat, asam salisilat, atau urea. Dalam melakukan eksfoliasi ini Sobat Sehat harus berhati-hati agar kulit tidak mengalami iritasi.

Asupan Nutrisi Seimbang Setiap Hari

Konsumsi makanan ternyata bisa mempengaruhi kondisi kulit wajah, lho. Oleh karena itu, untuk menghindari dan mengatasi bruntusan di jidat, Sobat Sehat sebaiknya mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Perbanyak sayuran dan buah yang tinggi vitamin untuk membantu perawatan kulit dari dalam. Oh iya, vitamin-vitamin ini juga dapat didapatkan dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan di Apotek K-24. Selain itu, hindari makanan yang dapat memicu masalah kulit, seperti susu dan produk turunannya serta makanan yang tinggi gula.

Pilih Produk Skincare yang Cocok dengan Kulit Bruntusan

Cara menghilangkan bruntusan di jidat selanjutnya adalah menggunakan skincare atau produk kecantikan dengan bahan yang cocok untuk kulit bruntusan. Apabila kulit mengalami masalah bruntusan, maka Sobat Sehat bisa menggunakan skincare berbahan niacinamide contohnya.

Sebab, bahan niacinamide memiliki banyak manfaat, seperti menjaga skin barrier, mengontrol produksi minyak wajah, memudarkan noda bekas bruntusan, dan menghaluskan tekstur kulit.

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan bruntusan di jidat yang dapat Sobat Sehat lakukan secara mandiri. Selain dengan membiasakan hidup sehat dan bersih, sebenarnya mengatasi bruntusan juga bisa dengan cara perawatan kulit di klinik kecantikan.

Contohnya saja melakukan ekstraksi komedo, melakukan terapi laser, dan perawatan mikrodermabrasi. Namun, bila Sobat Sehat masih takut dengan perawatan tersebut, maka gunakan beberapa cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.