5 CARA MENGHILANGKAN FLU DENGAN CEPAT, JANGAN LUPA SIAPKAN OBAT!

Terkena sakit flu setelah liburan panjang agaknya menjadi suatu hal yang biasa. Sebab, saat liburan pasti Sobat Sehat menggunakan seluruh tenaga hingga kelelahan. Hal ini tentu membuat sistem imun menurun dan mudah terserang penyakit, khususnya flu yang mudah menyebar. Jika demikian, bagaimana cara menghilangkan flu dengan cepat agar bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala?

Flu sebenarnya bukan suatu penyakit yang membahayakan kesehatan karena bisa hilang dengan sendirinya. Namun, ketika dibiarkan begitu saja, sakit flu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari seperti bekerja atau sekolah. Bahkan, sebagian orang tidak tahan dengan gejala flu yang sangat mengganggu sehingga mereka tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa.

Cara Menghilangkan Flu dengan Cepat

Ada beberapa gejala flu yang perlu Sobat Sehat waspadai, contohnya saja sakit tenggorokan, sakit kepala, hidung tersumbat, batuk-batuk, hingga badan pegal-pegal. Gejala-gejala ini jika tidak segera ditangani akan semakin parah dan lama sembuhnya.

Oleh karena itu, ketika mulai merasakan gejala-gejala flu, Sobat Sehat disarankan untuk segera melakukan pengobatan dalam waktu 48 jam. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan flu dengan cepat dan kondisi tubuh kembali fit serta sehat:

Perbanyak Minum Air Putih

Terkena sakit flu sangat berisiko terjadi dehidrasi pada tubuh, lho, karena adanya sakit tenggorokan dan banyaknya lendir di saluran pernapasan. Maka dari itu, saat sakit flu Sobat Sehat disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

Sobat Sehat lebih baik memilih air putih hangat karena dapat meredakan hidung tersumbat dan menenangkan tenggorokan yang meradang. Tidak hanya air putih, Sobat Sehat juga bisa mengonsumsi sup ayam, sayur bayam, air jahe hangat, teh chamomile agar kebutuhan cairan terjaga.

Berkumur dengan Air Garam

Cara mengatasi flu yang alami selanjutnya adalah berkumur-kumur menggunakan air garam. Pada dasarnya, air garam ini bisa membantu dalam melawan bakteri yang menyebabkan flu. Selain itu, air garam juga berfungsi untuk menarik kelebihan air dalam tenggorokan, mengurangi peradangan, membersihkan lendir, dan meringankan iritasi pada tenggorokan.

Istirahat dengan Cukup

Mengistirahatkan tubuh dalam waktu tertentu juga menjadi cara menghilangkan flu dengan cepat, lho. fakta menariknya, tubuh kita tidak mampu melawan virus penyebab flu jika tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Artinya, setelah gejala flu muncul, Sobat Sehat disarankan untuk memperbanyak waktu tidur agar kualitas tidur meningkat.

Penuhi Kebutuhan Gizi Seimnbang

Memenuhi kebutuhan gizi mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sedang melawan virus atau bakteri. Oleh karena itu, meskipun tenggorokan tidak enak untuk mengonsumsi makanan, hal ini tetap harus dipaksakan.

Sebab, Sobat Sehat hanya bisa memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang dari mengonsumsi makanan atau minum minuman sehat. Jadi, tetap perhatikan asupan makanan ketika mulai merasakan gejala flu.

Konsumsi Obat Flu

Cara menghilangkan flu dengan cepat yang selanjutnya adalah mengonsumsi obat flu untuk meredakan gejala. Minum obat flu bisa menjadi cara yang efektif dalam mengatasi sakit flu. Namun, jenis-jenis obat flu ini bermacam-macam sehingga Sobat Sehat harus menyamakan gejala yang dirasakan dengan fungsi obat.

Sobat Sehat bisa mengonsumsi obat flu yang mempunyai fungsi menurunkan demam, penghilang nyeri, pelega tenggorokan, pengencer lendir, atau mengeringkan lendir di hidung. Oleh karena itu, pastikan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker.

Oh iya, untuk mengonsumsi obat dalam rangka cara menghilangkan flu dengan cepat ini bisa beli di Apotek K-24 terdekat, lho. Apotek K-24 menyediakan berbagai obat yang dibutuhkan masyarakat, apalagi untuk melawan gejala atau sakit flu yang mengganggu. Yuk, jaga kesehatan tubuh bersama Apotek K-24!