MANFAAT KONDOM DAN EFEK SAMPING, BAHAN PERTIMBANGAN SEBELUM MENGGUNAKAN!

Membicarakan persoalan kondom terkadang ]terbilang masih tabu karena masyarakat belum terbiasa dengan keberadaan benda tersebut. Padahal ada beberapa manfaat kondom dan efek samping yang sangat penting untuk Sobat Sehat ketahui. Sebab, pemilihan alat kontrasepsi di masa depan harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing alat agar lebih tepat dan cocok.

Kondom sendiri menjadi salah satu alat kontrasepsi yang sangat populer di kalangan orang dewasa. Hal ini karena kondom sangat mudah didapatkan dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kendati demikian, terkadang masih banyak orang yang tidak tahu keberadaan kondom, baik karena tidak ada informasi atau terlalu malu untuk membicarakannya.

Manfaat Kondom dan Efek Samping

Pada dasarnya, kondom adalah alat kontrasepsi yang bekerja dengan cara menghalangi sperma atau air mani untuk mencapai sel telur. Kondom juga terbuat dari bahan lateks, polyisoprene, atau bahan alami dari usus domba. Umumnya, kondom digunakan dengan cara dipasangkan pada alat kelamin laki-laki.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini ada kondom yang bisa secara khusus dipasang untuk perempuan. Jadi, dalam pemilihan jenis kondom ini sebenarnya bergantung pada preferensi dan tingkat kenikmatan mana yang ingin didapatkan.

Manfaat Menggunakan Kondom

Karena bahan dan bentuknya yang khas, ada beberapa manfaat kondom dan efek samping yang perlu untuk dipahami. Berikut adalah beberapa kelebihan atau manfaat memakai kondom ketika berhubungan intim dengan pasangan:

  • Mencegah kehamilan, keefektivitasan kondom bisa mencapai 98% dalam mengurangi peluang kehamilan. Kegunaan kondom akan maksimal jika Sobat Sehat menggunakannya dengan benar.

  • Mengurangi risiko terkena infeksi menular seksual hingga 95%, seperti gonore, HIV, sifilis, dan herpes. Ini sudah terbukti pada sebuah penelitian pada British Medical Journal.

  • Meningkatkan kepuasan seksual karena kondom tersedia dalam banyak jenis varian, contohnya bergerigi, memiliki rasa, tipis, dan beraroma.

  • Bisa memperpanjang durasi hubungan intim, sehingga cocok bagi penderita ejakulasi dini.

  • Harga terjangkau dan mudah didapatkan. Kondom bisa dibeli di minimarket, supermarket, atau apotek. Untuk menjamin keamanannya, sebaiknya beli kondom lewat Apotek K-24 yang menyediakan banyak jenis kondom dari berbagai merek dan juga asli.

  • Alat kontrasepsi yang terbilang lebih higienis karena hanya dipakai satu kali saja.

Efek Samping Kondom

Selain manfaat kondom dan efek samping, pasti ada beberapa kekurangan dalam menggunakan kondom yang bisa terjadi kapan saja. Berikut adalah beberapa efek samping yang bisa muncul ketika menggunakan kondom saat berhubungan intim:

  • Alergi, orang yang memiliki alergi terhadap lateks bisa terkena reaksi alergi ketika memakai kondom. Jadi, perhatikan dengan baik kondisi tubuh masing-masing, ya.

  • Iritasi, terkadang bahan tambahan untuk menambah rasa atau aroma pada kondom bisa menyebabkan iritasi pada penis atau vagina. Oleh karena itu, akan lebih baik jika menggunakan kondom yang biasa.

  • Nyeri, perempuan yang belum terbiasa biasanya akan memiliki vagina yang lebih sensitif. Nah, gesekan antara kondom dengan dinding vagina ini dapat menyebabkan rasa nyeri.

Meskipun demikian, pemakaian kondom ketika berhubungan intim ini terbilang sangat aman apabila digunakan dengan benar. Melalui penjelasan di atas, manfaat kondom dan efek samping ini bisa menjadi pertimbangan dalam memilih alat kontrasepsi.

Pastikan untuk memilih alat atau metode kontrasepsi yang sesuai dengan Sobat Sehat dan pasangan, ya. Sobat Sehat bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika butuh bantuan dalam memilihnya. Demikian ulasan tentang manfaat kondom dan efek samping, semoga bermanfaat!