4 CARA MENURUNKAN DEMAM PADA ORANG DEWASA TANPA OBAT, BISA DILAKUKAN DI RUMAH!

Demam menjadi suatu masalah kesehatan yang sering menyerang banyak orang, entah anak-anak atau orang dewasa sekalipun. Apalagi jika sistem kekebalan tubuh Sobat Sehat sedang turun. Walau tidak berbahaya, demam bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, lho. Lalu bagaimana cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala?

Pada dasarnya, demam tidak selalu menjadi pertanda bahwa Sobat Sehat sedang terserang penyakit tertentu. Namun, demam menjadi tanda bahwa tubuh Sobat Sehat tengah berusaha melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh secara alami. Oleh karena itu, jika terjadi demam, sebaiknya Sobat Sehat tidak perlu khawatir tapi tetap harus waspada.

Cara Menurunkan Demam pada Orang Dewasa tanpa Obat

Demam yang tergolong ringan memang bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun demikian, demam tetap saja memberikan rasa tidak nyaman pada tubuh karena biasanya penderita menjadi cepat lelah, tidak nafsu makan, nyeri kepala, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, jika Sobat Sehat atau orang tersayangnya mengalami demam, mungkin bisa merawatnya dengan beberapa cara agar keluhan bisa segera hilang. Sobat Sehat harus tahu kalau terdapat beberapa cara untuk menurunkan demam dengan baik dan efektif, di antaranya:

Istirahat yang Cukup

Cukupi waktu istirahat menjadi cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat yang pertama. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, demam menandakan bahwa sistem imun sedang bekerja. Artinya, Sobat Sehat perlu tidur atau beristirahat agar sistem imun terus terjaga dan meningkat.

Tidur yang berkualitas bisa menjadi cara efektif untuk menurunkan demam dalam satu malam. Namun, ketika tidur pastikan Sobat Sehat tidak menggunakan selimut atau baju yang tebal, ya.

Banyak Minum Air Putih

Saat sedang demam, minum banyak air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan sangat penting dilakukan. Sebab, air yang masuk ini bisa membantu untuk mengatur suhu tubuh, membuang bakteri/virus, dan memastikan organ-organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu, semakin tinggi suhu tubuh, maka semakin tinggi pula risiko dehidrasi. Dengan minum air putih, Sobat Sehat bisa mencegah kemungkinan dehidrasi saat demam.

Berjemur di Pagi Hari

Cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat yang selanjutnya adalah berjemur di bawah sinar matahari. Berjemur ini dilakukan saat pagi hari, ya. Istirahat memang penting, tapi berbaring seharian juga justru bisa membuat badan lemas.

Sobat Sehat perlu sesekali bergerak, khususnya ketika makan, mengganti pakaian, dan berjemur ini. Tidak perlu lama-lama, paling tidak hanya membutuhkan 10-15 menit untuk terkena paparan sinar matahari dan menghirup udara segar.

Konsumsi Buah dan Sayur

Makan buah dan sayur-sayuran yang kaya vitamin serta mineral menjadi salah satu cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat. Sebab, buah-buahan seperti mangga, jeruk, dan semangka bisa membantu dalam meningkatkan sistem imun tubuh, lho.

Hal inilah yang membuat banyak dokter menyarankan untuk selalu makan buah atau sayur ketika Sobat Sehat terserang demam. Sistem imun yang didukung oleh berbagai vitamin ini bisa efektif dalam melawan virus atau bakteri penyebab demam tubuh.

Apabila cara-cara di atas masih dirasa kurang efektif dan demam masih tetap tinggi, maka Sobat Sehat bisa beralih pada obat penurun demam yang aman. Minum obat penurun demam bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk mengurangi gejala gangguan kesehatan.

Untuk mendapatkan obat penurun demam ini tentu Sobat Sehat perlu membelinya di tempat yang resmi dan dipercaya banyak orang seperti Apotek K-24. Konsultasikan dengan apoteker yang berjaga terlebih dulu, ya, agar obat terjamin aman dikonsumsi.

Demikian ulasan tentang cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat, semoga bermanfaat!