PENYEBAB AMBEIEN DI USIA MUDA, 5 HAL YANG PERLU DIWASPADAI!

Ambeien atau wasir menjadi salah satu gangguan kesehatan yang kini sangat umum terjadi, apalagi memasuki zaman digitalisasi. Penderita dari ambeien juga bermacam-macam, mulai dari anak-anak, anak muda, hingga orang tua sekalipun. Gangguan kesehatan yang menyerang di usia muda tentu saja sangat mengganggu. Lalu apa sih penyebab ambeien di usia muda yang perlu diwaspadai?

Orang yang memiliki ambeien biasanya akan kesulitan untuk duduk dengan tenang. Sebab, ambeien adalah masalah di mana ada pembengkakan pembuluh darah di ujung besar (rektum) atau anus. Pada keadaan yang parah, ambeien bisa menimbulkan beberapa gejala, seperti nyeri, gatal, hingga perdarahan ketika atau setelah buang air besar.

Penyebab Ambeien di Usia Muda

Kondisi tersebut terkadang membuat beberapa orang panik karena munculnya darah ketika BAB. Selain itu, umumnya banyak orang yang mengaitkan perdarahan dengan penyakit berbahaya. Jadi, wajar jika Sobat Sehat merasa panik jika keluar darah saat BAB.

Sebenarnya penyebab ambeien belum diketahui secara pasti, tapi biasanya karena adanya tekanan pembuluh darah di sekitar anus. Namun, menurut beberapa laman kesehatan, ambeien yang muncul di usia muda biasanya disebabkan karena gaya hidup kurang sehat.

Berikut adalah beberapa penyebab ambeien di usia muda menurut Medical News Today:

Pola Makan Tidak Bergizi Seimbang

Usia muda adalah waktu di mana Sobat Sehat pasti ingin mencoba banyak jenis makanan dan minuman. Apalagi kini makanan cepat saji menjadi pilihan favorit mereka. Padahal, jenis makanan ini cenderung memiliki gizi rendah dan minim serat. Kurangnya asupan serat bisa memicu gangguan sembelit di sistem pencernaan.

Sembelit Kronis

Gangguan sembelit adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami sulit buang air besar. Kondisi ini biasanya disebabkan kurangnya serat dan juga tinja yang mengeras sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Akibatnya, penderitanya membutuhkan tenaga lebih untuk mengejan. Padahal, mengejan yang berlebihan bisa memberikan tekanan yang besar pada dinding pembuluh darah. Hal ini jika terus berlanjut dapat menyebabkan munculnya wasir atau ambeien, lho.

Kurang Gerak

Penyebab ambeien di usia muda yang selanjutnya adalah malas bergerak (mager). Memasuki era digital ini membuat banyak anak muda menghabiskan waktu luangnya untuk rebahan.

Tanpa aktivitas fisik seperti olahraga, selain pencernaan tidak lancar juga membuat tekanan pada pembuluh darah di sekitar panggul meningkat. Kondisi tersebut yang membuat banyak anak muda rentan terkena gangguan ambeien.

Faktor Keturunan

Pada beberapa keadaan, anak muda yang terkena ambeien juga bisa disebabkan karena faktor genetik atau keturunan. Anak ternyata memiliki risiko ambeien lebih besar ketika salah satu orang tuanya juga pernah memiliki ambeien. Hal ini belum diketahui pasti karena penurunan genetik atau karena penurunan gaya hidup yang kurang sehat.

Kebiasaan Duduk di Tempat Keras dan Lama

Duduk yang terlalu lama ketika bekerja atau belajar ternyata bisa menjadi salah satu penyebab ambeien di usia muda, lho. Waktu untuk bekerja atau belajar dalam satu hari terbilang cukup lama, biasanya bisa menghabiskan 1/3 hari sendiri.

Nah, kebiasaan duduk ini bisa memberikan tekanan pada bokong dan meningkatkan risiko ambeien. Belum lagi jika Sobat Sehat kerap berlama-lama duduk di toilet sembari bermain handphone. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kursi yang digunakan untuk duduk ini dilapisi dengan bahan yang empuk.

Itu dia beberapa penyebab ambeien di usia muda yang perlu Sobat Sehat waspadai. Pada keadaan yang ringan, ambeien masih bisa ditangani menggunakan obat ambeien paling ampuh di Apotek K-24. Namun, jika sudah parah, biasanya Sobat Sehat akan memerlukan tindakan medis seperti operasi.

Jadi, akan lebih baik bila Sobat Sehat bisa mencegah ambeien dengan makan sehat, olahraga teratur, minum air putih setiap hari, serta upayakan untuk konsumsi buah dan sayur setiap hari. Yuk jaga kesehatan bersama Apotek K-24 yang Komplit Obatnya, Sehatkan Indonesia!