APA AKIBATNYA JIKA KITA TIDAK MENJAGA LINGKUNGAN TERHADAP KESEHATAN?

Kesehatan manusia ternyata tidak hanya bergantung pada makanan atau aktivitas sehari-hari saja. Namun, lingkungan sekitar juga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan manusia, baik dari segi fisik atau mental. Jika benar demikian, lalu apa akibatnya jika kita tidak menjaga lingkungan terhadap kesehatan yang perlu untuk diwaspadai?

Budaya hidup sehat memang harus dibiasakan sejak dini. Tidak hanya dapat membangun karakter seseorang, tapi juga penting untuk meningkatkan kualitas hidup Sobat Sehat. Begitu pula dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang sangat penting, entah lingkungan di dalam rumah atau di luar rumah. Sebab, keadaan lingkungan turut berpengaruh pada keadaan tubuh Sobat Sehat.

Apa Akibatnya Jika Kita Tidak Menjaga Lingkungan?

Namun, seperti yang Sobat Sehat tahu bahwa menjaga lingkungan sekitar tidak semudah apa yang dibayangkan. Sebab, hal ini tidak hanya berhubungan dengan diri sendiri saja, tapi juga orang lain yang hidup di sekitar kita.

Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran semua lapisan masyarakat untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan nyaman. Di Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, mari kenali apa saja dampak lingkungan kotor yang bisa mendukung kesadaran tersebut.

Berikut adalah beberapa dampak jika Sobat Sehat memiliki lingkungan yang kotor:

1. Sumber Penyakit

Apa akibatnya jika kita tidak menjaga lingkungan? Jawaban pertama tentu saja bisa menjadi sumber penyakit. Lingkungan yang kotor ternyata dapat menjadi sarang nyamuk dan berbagai bakteri. Ada beberapa penyakit akibat lingkungan kotor, seperti demam berdarah, hepatitis, diare, tifus, dan lain-lain.

Kementerian Kesehatan RI sendiri mengatakan dengan menjaga lingkungan di rumah, sekolah, dan rumah ibadah, Sobat Sehat bisa menghindari penyakit demam berdarah, hepatitis A, dan lain sebagainya. Artinya, menjaga kebersihan lingkungan adalah kunci agar kesehatan tetap terjaga.

Selain itu, Sobat Sehat juga bisa melakukan pembasmian jentik nyamuk dengan produk yang ada di Apotek K-24, seperti Abate. Yuk, selalu jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar agar tidak mudah terserang penyakit.

2. Mengurangi Kesehatan Mental

Tidak hanya kesehatan fisik saja, keadaan lingkungan sekitar Sobat Sehat juga memiliki dampak terhadap kesehatan mental, lho.  Lingkungan yang kotor ternyata bisa menyebabkan suasana hati jelek dan kesehatan mental pun dapat menurun.

Sebaliknya, ketika lingkungan bersih, maka udara dan air menjadi lebih bersih serta akan banyak ruang hijau.

Kondisi tersebut terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan meningkatkan suasana hati (mood). Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa banyak ruang hijau ternyata bisa menurunkan tingkat depresi dan kecemasan.

3. Kenyamanan untuk Tinggal Berkurang

Berbicara kenyataan saja, saat Sobat Sehat tinggal di kawasan yang kumuh dan kotor tentu saja Sobat Sehat tidak akan merasa nyaman untuk berlama-lama. Bahkan, melihat lingkungan yang berantakan saja, kita mungkin sudah malas untuk mengunjunginya.

Oleh karena itu jawaban dari apa akibatnya jika kita tidak menjaga lingkungan adalah tidak nyaman untuk tinggal lama. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, Sobat Sehat akan lebih nyaman untuk tinggal dalam waktu yang lama.

Bahkan, orang lain tidak enggan untuk berkunjung ke lingkungan yang bersih, rapi, dan asri. Artinya, lingkungan yang bersih akan menciptakan suasana yang nyaman.

Cara Menjaga Lingkungan agar Tetap Bersih dan Sehat

Jika pertanyaan apa akibatnya jika kita tidak menjaga lingkungan sudah terjawab, lalu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana sih cara menjaga lingkungan agar tetap bersih? Ada beberapa langkah kecil yang bisa Sobat Sehat mulai untuk menjaga lingkungan di Hari Lingkungan Hidup Sedunia, lho, di antaranya:

  • Membuang sampah pada tempatnya.

  • Menyapu dan mengepel lantai secara rutin dan teratur.

  • Membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai.

 Melihat penjelasan di atas, Sobat Sehat tidak boleh menyepelekan keadaan lingkungan sekitar di mana Sobat Sehat tinggal. Sebab, kebersihan lingkungan ternyata memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Lingkungan bersih, hidup jadi sehat!