OBAT SIRUP YANG AMAN UNTUK ANAK: TIPS MEMILIH DAN DAFTAR OBATNYA

Obat sirup memang sempat dilarang oleh BPOM karena dianggap dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal akut pada anak. Namun, dalam perkembangannya, sudah banyak obat sirup yang dinyatakan aman dan beredar kembali di masyarakat Indonesia. Lalu apa saja nih obat sirup yang aman untuk anak dan bisa Sobat Sehat temui di apotek terdekat?

Tentu untuk menjamin keamanannya, BPOM telah melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap obat-obatan berjenis sirup ini. Kendati demikian, mungkin sebagian besar dari masyarakat Indonesia masih takut menggunakan obat sirup, apalagi jika diberikan kepada buah hati mereka. Padahal, obat sirup sendiri menjadi salah satu jenis obat yang mudah untuk dikonsumsi bagi anak.

Obat Sirup yang aman untuk Anak

Sebenarnya, Sobat Sehat tidak perlu khawatir lagi dalam menggunakan obat sirup ini. Sebab, melalui dialog interaktif yang dilakukan oleh Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia pada acara sosialisasi tentang obat sirup menjawab keresahan masyarakat dalam pemakaian obat.

“Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Badan POM, bahwa mereka sudah melakukan serangkaian pemeriksaan dengan ketat terhadap berbagai obat sirup. Jadi kalau yang sudah dirilis dan sudah dinyatakan aman oleh Badan POM, kita bisa dengan aman mengonsumsi obat sirup tadi, enggak usah ada keraguan lagi ” kata dr. Piprim Basarah Yanuarsa, Sp.A (Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Artinya, Sobat Sehat bisa kembali memberikan obat sirup kepada anak jika mengalami masalah kesehatan. Namun, tentu setelah memastikan bahwa obat yang dimaksud sudah masuk ke dalam daftar obat sirup yang aman.

Sobat Sehat juga dapat mengecek obat sirup ini melalui website resmi BPOM DI SINI.

Tips Memilih Obat Sirup yang Aman untuk Anak

Agar lebih terjamin keamanannya dalam menggunakan obat sirup, Sobat Sehat juga bisa melakukan beberapa langkah dalam memilih obat sirup. Berikut beberapa cara memilih obat sirup yang aman:

1. Pilih Obat yang Dinyatakan Aman oleh BPOM

Dalam mengonsumsi obat sirup, Sobat Sehat tidak boleh sembarangan, pilih obat yang sudah teruji keamanannya. Artinya, obat sirup harus sudah terdaftar dalam BPOM dan memiliki surat izin edar yang mengindikasikan bahwa layak dikonsumsi.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tips memilih obat sirup yang aman untuk anak selanjutnya adalah pilih obat sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing obat mempunyai bahan aktif, di mana terdapat fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda.

Jadi, apabila anak mengalami batuk kering, maka pilih produk obat sirup yang memang khusus untuk batuk kering. Jangan justru memilih obat untuk batuk berdahak. Walaupun sama-sama masalah batuk, kedua jenis ini memiliki penanganan yang berbeda.

Oleh karena itu, sebelum memilih obat, pastikan masalah kesehatan dan informasi mengenai indikasi obat yang tertera pada kemasan. Sobat Sehat dapat meminta bantuan kepada apoteker atau dokter untuk membantu dalam pemilihan obat sirup ini.

3. Beli Obat di Apotek Resmi

Tentu saja membeli obat di gerai apotek resmi menjadi cara memilih obat sirup yang aman untuk anak. Melalui apotek resmi ini akan mengurangi risiko Sobat Sehat untuk mendapatkan obat palsu. Selain itu, apotek resmi biasanya apotekernya sudah memiliki izin praktik sehingga Sobat Sehat bisa menanyakan tentang obat sirup.

Salah satu contoh apotek yang sudah aman dan terpercaya ini adalah Apotek K-24, Apoteknya Indonesia. Apotek K-24 sendiri selalu mendukung pemerintah mengenai kampanye obat sirup yang aman.

Sebagai layanan farmasi yang sudah berjalan lebih dari 20 tahun, Apotek K-24 tentu hanya menyediakan obat dan alat kesehatan yang aman dan berkualitas. Artinya, produk-produk di Apotek K-24 tentu sudah atas rekomendasi dari BPOM dan Kementerian Kesehatan RI.

Selain itu, apoteker di Apotek K-24 juga selalu siap sedia untuk mendampingi Sobat Sehat ketika berkonsultasi dan memberikan informasi mengenai obat-obatan. Jadi, tidak perlu ragu untuk datang ke Apotek K-24 untuk mendapatkan obat sirup yang aman untuk anak.