5 MANFAAT PUASA SYAWAL, JANGAN SAMPAI KELEWATAN!

Setelah satu bulan puasa di bulan Ramadhan, Sobat Sehat harus tahu bahwa masih ada waktu yang baik untuk berpuasa, yaitu puasa Syawal. Masih banyak orang yang belum mengetahui keutamaan dari menjalankan puasa ini. Oleh karenanya, tidak banyak juga yang belum menjalankan puasa di bulan Syawal. Jika demikian, apa saja manfaat puasa syawal?

Merayakan momen lebaran ternyata tidak hanya dengan bersilaturahmi dan mengonsumsi berbagai makanan khas lebaran saja. Namun, Sobat Sehat juga dapat merayakan lebaran dengan menjalankan puasa Syawal yang biasanya berlangsung selama 6 hari. Puasa selama 1 bulan saja sanggup, pastinya puasa selama 6 hari akan terasa lebih mudah.

Manfaat Puasa Syawal

Sobat Sehat yang ingin menjalankan puasa Syawal perlu memenuhi kewajiban dari puasa di bulan Ramadhan terlebih dahulu. Umumnya, puasa ini dilaksanakan selama 6 hari dan dilakukan secara berturut-turut. Namun, melakukan puasa secara berselang-seling tetap boleh-boleh saja.

Berikut beberapa kebaikan ketika Sobat Sehat menjalankan puasa Syawal:

1. Mencegah Gangguan Pencernaan

Saat berpuasa selama 1 bulan, sistem pencernaan akan berjalan secara lambat. Nah, setelah bulan puasa ini selesai, maka kebiasaan makan akan kembali seperti semula, yaitu 3 kali sehari. Oleh karenanya, menggunakan puasa Syawal sebenarnya dapat menjadi transisi berpindahnya pola makan.

Adanya transisi ini berfungsi untuk menyiapkan sistem pencernaan agar tidak kaget dalam menghadapi pergantian pola makan. Alhasil, Sobat Sehat akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti asam lambung, maag, sembelit, dan lain sebagainya.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat puasa syawal yang selanjutnya adalah dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah. Ketika puasa, tubuh akan mengurangi pelepasan hormon insulin, tapi hormon norepinefrin dan pertumbuhan akan meningkat.

Kedua hormon ini sebenarnya bermanfaat untuk memecah lemak dan mengubahnya sebagai sumber energi. Melalui puasa Syawal, konsumsi lemak dan gula juga pastinya akan berkurang. Gula darah terkontrol tentu akan menurunkan risiko penyakit diabetes yang berbahaya.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat puasa pada umumnya adalah bisa menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan juga kadar trigliserida. Ketika ketiga aspek tersebut dalam angka normal, maka Sobat Sehat akan memiliki jantung yang sehat.

Keadaan jantung yang sehat ini membuat seseorang akan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke, aritmia, penyakit jantung koroner, dan lain-lain.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat puasa Syawal yang berikutnya adalah bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Selain membatasi asupan kalori, puasa juga biasa meningkatkan hormon pertumbuhan dan norepinefrin. Di mana kedua hormon ini sangat berfungsi untuk memecah lemak menjadi energi.

Alhasil, metabolisme tubuh Sobat Sehat akat meningkatkan sehingga pembakaran kalori juga terbilang banyak. Keadaan inilah yang akan membuat berat badan turun secara perlahan dan bertahap.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berdasarkan studi dari University of Southern California, rasa lapar ketika berpuasa akan mendorong produksi sel darah putih. Seperti yang kita ketahui, bahwa sel darah putih ini berguna untuk melawan infeksi di dalam tubuh.

Sel darah putih juga akan membantu dalam regenerasi pada seluruh sistem imun tubuh. Oleh karena itu, manfaat puasa Syawal ini adalah mengganti sistem kekebalan yang sudah rusak atau tua sehingga kesehatan akan selalu terjaga.

Lewat penjelasan di atas, kebaikan dari puasa Syawal bagi kesehatan ternyata banyak sekali. Khususnya dalam menjaga kesehatan pencernaan, sebuah sistem yang langsung terdampak dari kebiasaan berpuasa.

Kendati demikian, manfaat dari puasa Syawal ini tidak akan maksimal apabila Sobat Sehat tidak memenuhi asupan nutrisi dengan cukup. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai vitamin dan suplemen selama berpuasa.

Vitamin dan suplemen yang aman untuk kesehatan bisa Sobat Sehat dapatkan melalui Apotek K-24. Sebab, Apotek K-24 selalu menjamin produk-produk yang ditawarkan aman dan sesuai dengan ketentuan Kemenkes atau BPOM. Yuk, jaga kesehatan bersama Apotek K-24!