5 TIPS MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT SAAT PUASA

Menjaga kesehatan mulut dan gigi sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, baik pada hari biasa atau saat berpuasa. Sebab, jika tidak dirawat dengan baik, Sobat Sehat bisa memiliki bau mulut yang tidak sedap dan mengurangi rasa percaya diri. Lalu bagaimana sih tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa?

Berpuasa memang menyehatkan, tapi pada saat-saat tertentu juga bisa memberikan dampak yang kurang baik, seperti mulut kering. Keadaan mulut yang kering sendiri bisa membuat bibir pecah-pecah, mengeluarkan aroma tidak nikmat, hingga sariawan. Namun, Sobat Sehat tidak perlu stres memikirkan itu semua karena masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Puasa

Penyebab utama dari masalah-masalah kesehatan mulut yang terjadi ketika puasa biasanya dikarenakan pertumbuhan bakteri. Di mana bakteri ini mudah tumbuh dan berkembang saat mulut dalam keadaan kering. Berikut beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut:

1. Perbanyak Minum Air

Tentu saja untuk mencegah mulut yang kering, Sobat Sehat harus minum air putih dengan cukup walaupun sedang puasa. Seberapa banyak air yang diminum ini nantinya akan berpengaruh pada jumlah produksi air liur.

Air liur adalah bagian dari mulut yang berperan penting dalam melawan bakteri karena mengandung enzim. Oleh karena itu, jangan lupa minum air paling tidak 2 liter setiap hari. Sobat Sehat bisa menerapkan pola 2-4-2, di mana 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah ibadah tarawih, dan 2 gelas ketika sahur.

2. Jangan Lupa Konsumsi Sayur dan Buah

Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa yang selanjutnya adalah memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan. Cara ini dirasa cukup efektif karena buah dan sayur menjadi sumber vitamin yang baik untuk tubuh, khususnya vitamin C.

Asupan vitamin dan nutrisi yang seimbang dapat mencegah berbagai masalah mulut, seperti sariawan, infeksi, dan lain-lain. Selain sayur dan buah, vitamin C juga dapat Sobat Sehat temukan pada multivitamin yang dijual di Apotek K-24.

3. Hindari Kebiasaan Merokok

Mengurangi atau menghindari kebiasaan merokok ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut. Sebab, asap rokok yang dihisap nantinya akan membuat mulut menjadi lebih kering dan lebih asam. Tidak hanya itu, rokok memiliki kandungan nikotin dan tar yang sangat tidak baik untuk kesehatan gigi.

4. Kurangi Konsumsi Makanan yang Menyengat

Menyediakan menu makan yang tidak menyengat saat sahur dan buka juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa. Jenis makanan ini dapat memberikan efek bau tidak sedap yang lumayan lama di mulut.

Oleh karena itu, sebaiknya Sobat Sehat menghindari bahan-bahan pangan seperti jengkol, petai, durian, atau terlalu banyak bawang putih.

5. Menyikat Gigi dengan Baik

Cara yang paling efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut tentu saja dengan menggosok gigi setiap hari. Sebelum menjalankan aktivitas atau setelah sahur, Sobat Sehat jangan sampai lupa untuk menyikat gigi.

Menyikat gigi ini disarankan dilakukan selama dua menit dalam satu sesi. Selain gigi, organ lidah juga perlu dibersihkan karena biasanya banyak sisa makanan yang menempel. Setelah menyikat, Sobat Sehat juga bisa menggunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi.

Sebagai penutup, jangan lupa untuk berkumur dengan obat kumur atau mouthwash agar mulut terasa lebih segar dan memastikan kuman hilang. Berbagai alat untuk membersihkan gigi, mulai dari sikat gigi, pasta gigi, dental floss, hingga obat kumur ini bisa Sobat Sehat dapatkan melalui Apotek K-24.

Sebab, tidak hanya menyediakan obat-obatan, Apotek K-24 juga selalu sedia alat-alat kesehatan yang diperlukan. Demikian ulasan mengenai tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa, semoga dapat bermanfaat. Gigi dan mulut bersih, puasa lancar setiap hari!