CARA MENGATASI SARIAWAN SAAT PUASA, MUDAH DAN AMPUH!

Tidak hanya masalah pada saluran pencernaan, gangguan kesehatan mulut juga menjadi tantangan orang berpuasa, seperti sariawan. Masalah ini memang bisa terjadi kapan saja, baik saat berpuasa ataupun tidak. Namun, dengan puasa bisa meningkatkan risiko dari sariawan itu sendiri. Jika demikian, bagaimana cara mengatasi sariawan saat puasa?

Tentu saja mempunyai sariawan di mulut menimbulkan rasa tidak nyaman yang bisa mengganggu kegiatan. Bahkan, sariawan ini dapat membuat penderitanya malas untuk berbicara atau makan karena rasa perihnya. Artinya, walaupun masalah ringan, Sobat Sehat jangan sampai menyepelekan gangguan sariawan ini, ya.

Penyebab Sariawan saat Puasa

Sobat Sehat harus mengetahui penyebab sariawan terlebih dahulu sebelum mencari bagaimana cara mengatasi sariawan saat puasa. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa sariawan akan rentan terjadi ketika Sobat Sehat sedang berpuasa.

Penyebab dari sariawan ini sebenarnya banyak sekali, tapi yang paling utama adalah kebiasaan buruk yang tidak disadari. Contohnya seperti lidah dan pipi yang tidak sengaja tergigit, menggosok gigi terlalu keras, hingga gigi yang terlalu tajam.

Namun, terdapat beberapa faktor pendorong timbulnya sariawan ketika puasa, yaitu:

  • Kebersihan mulut yang kurang terjaga.

  • Perut kosong yang menimbulkan asam lambung naik.

  • Kurangnya asupan cairan.

  • Hormon tubuh.

  • Kurangnya asupan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, dan zat besi.

4 Cara Mengatasi Sariawan saat Puasa

Menurut Medical News Today, masalah sariawan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika kurang bisa menahan rasa nyerinya, maka Sobat Sehat dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasi sariawan, di antaranya:

1. Berkumur dengan Air Garam

Sobat Sehat bisa memanfaatkan garam dapur yang kemudian dicampur dengan air hangat. Cairan tersebut dapat berlaku sebagai obat kumur yang praktis dan efisien untuk mengatasi sariawan. Mengapa bisa demikian?

Garam mempunyai sifat antiseptik yang dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Ingat, ya, Sobat Sehat hanya perlu berkumur saja, tidak usah sampai menelan air garam.

2. Oleskan Lidah Buaya pada Sariawan

Cara mengatasi sariawan saat puasa yang selanjutnya adalah dengan menggunakan getah lidah buaya. Daging lidah buaya ini ternyata memiliki sifat antiradang, di mana dapat menjadi Pereda nyeri pada luka.

Oleh karena itu, Sobat Sehat bisa mencoba untuk mengoleskan lidah buaya langsung pada luka sariawan. Alhasil, luka sariawan yang tadinya terasa nyeri dan panas dapat mendingin dan mereda rasa sakitnya.

3. Perbanyak Asupan Vitamin B12

Memenuhi atau menambah asupan vitamin B12 juga menjadi kunci utama dalam mempercepat penyembuhan sariawan. Sebab, sebuah penelitian mengatakan bahwa konsumsi makanan yang tinggi vitamin B12 terbukti dapat mengurangi sariawan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyediakan menu makan yang mengandung vitamin B12 saat sahur atau buka puasa. Contohnya makanan ini adalah ikan, daging, kerang, telur, dan susu. Sobat Sehat juga bisa memanfaatkan vitamin B12 yang tersedia di Apotek K-24 jika tidak mempunyai bahan-bahan tersebut.

4. Gunakan Obat Sariawan

Cara mengatasi sariawan saat puasa yang terakhir adalah dengan menggunakan obat sariawan yang tersedia di apotek, khususnya Apotek K-24. Pada umumnya, obat sariawan ini berbentuk gel, krim, cairan, dan salep.

Jenis obat ini memiliki kandungan antiseptic yang dapat membunuh infeksi kuman di mulut. Namun, menurut European Journal of general Dentistry, menggunakan obat sariawan ini sebaiknya di luar jam puasa, seperti saat sahur atau setelah buka.

Untuk mendapatkan obat sariawan sendiri sangatlah mudah, Sobat Sehat tinggal datang ke Apotek K-24 terdekat atau mencari obat sariawan di aplikasi K24Klik. Yuk, selalu jaga kesehatan mulut dan gigi saat puasa bersama Apotek K-24. Mulut sehat, puasa jadi lancar!