5 CIRI SPERMA SEHAT SECARA FISIK YANG PERLU DIKETAHUI

Mempunyai kualitas sperma yang baik dan sehat merupakan impian semua pria, khususnya yang ingin menikah dan mempunyai keturunan. Walaupun hal ini harus diperiksakan langsung ke dokter, Sobat Sehat dapat mengetahui ciri sperma sehat secara fisik.

Hal ini sangat penting untuk diketahui kaum pria, karena kesuburan pria memang terletak pada kualitas sperma. Sebab, sperma merupakan bagian terpenting pada sistem reproduksi. Selain itu, kualitas sperma sangat mempengaruhi proses pembuahan selanjutnya saat sudah menikah nanti.

Beberapa Ciri Sperma Sehat secara Fisik

Mayo Clinic mengatakan bahwa tidak semua laki-laki di dunia ini memiliki kualitas sperma yang baik dan sehat. Sebab, baik atau buruknya kualitas sperma akan dipengaruhi oleh gaya hidup sehari-hari, seperti makanan, istirahat, dan lain-lain.

Apabila gaya hidup tidak dijalani dengan baik, maka kualitas sperma juga akan buruk dan menyebabkan infertilitas. Begitu pula sebaliknya, jika gaya hidup selalu terjaga dengan baik, maka seseorang akan memiliki sperma yang sehat dan mudah untuk membuahi sel telur.

Berikut beberapa ciri-ciri sperma dalam keadaan baik: 

a. Bentuk Sperma yang Normal

Sperma yang baik dan sehat akan berbentuk seperti sediakala, seperti memiliki kepala bulat atau oval dengan ekor yang panjang. Bentuk yang normal ini akan memudahkan sperma untuk sampai pada sel telur.

Berbeda dengan sperma dengan bentuk cacat, seperti bentuk kepalanya yang lebih besar dengan ekor yang mungkin lebih pendek. Hal ini menunjukkan bahwa sperma dalam keadaan yang tidak sehat dan subur. Artinya, semakin banyak sperma yang berbentuk normal, semakin tinggi kemungkinan untuk sperma membuahi sel telur.

b. Air Mani Berwarna Putih

Sperma yang sehat berwarna apa? Ciri sperma sehat secara fisik selanjutnya adalah air mani berwarna putih keruh.  Pada umumnya, warna sperma yang sehat berwarna putih keruh dan sedikit keabuan, bahkan beberapa ada yang kekuningan.

Apabila ada di antara Sobat Sehat yang memiliki air mani berwarna bening, maka hal ini bisa menunjukkan bahwa kualitas sperma tidak baik. 

c. Jumlah Sperma Banyak

Seberapa banyak jumlah sperma atau air mani ternyata bisa menunjukkan kualitas sperma. Pada kondisi yang normal, sperma yang sehat bisa berjumlah di atas 15 juta setiap air mani yang keluar. Oleh karena itu, jika saat ejakulasi air mani yang keluar banyak, maka bisa dikatakan sperma sehat.

Sebaliknya, apabila air mani atau semen yang keluar hanya sedikit, besar kemungkinan sperma tidak terlalu sehat dan subur.

d. Air Mani Terlihat Kental

Ada beberapa orang yang menanyakan pertanyaan sperma kental apakah sehat? Hal ini bisa menjadi ciri sperma sehat secara fisik selanjutnya. Air mani yang sifatnya kental dan seperti jelly dapat menjadi tanda bahwa sperma dalam keadaan sehat dan subur.

Hal ini berkaitan erat dengan jumlah sperma pada air mani. Selain itu, menurut media Healthline, air mani yang kental tidak akan mudah untuk keluar dari vagina lagi. Tidak hanya itu saja, air mani yang encer bisa menandakan bahwa sperma tidak subur dan kekurangan mineral zinc.

e. Gerakan Sperma yang Gesit

Dalam keadaan normal, sel sperma akan mempunyai gerakan yang sangat gesit. Hal ini berguna saat sperma berenang untuk sampai ke sel telur. Namun, ciri sperma sehat yang satu ini tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang, Sobat Sehat perlu memeriksakannya ke laboratorium.

 Itulah beberapa ciri sperma sehat secara fisik yang perlu Sobat Sehat ketahui. Untuk mendapatkan kualitas sperma yang sehat dan baik, Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat. Ada beberapa cara untuk menerapkan gaya hidup sehat, mulai dari mengatur pola makan, rutin berolahraga, jangan lupa istirahat, dan pastinya manajemen stres yang baik.

Sumber: beberapa media kesehatan online.