AWAS SPERMA BOCOR, CARI TAHU PENYEBABNYA!

Sobat Sehat, pernah nggak sih mengalami kejadian yang mengejutkan, yaitu penis tiba-tiba mengeluarkan air mani padahal Anda sedang tidak sedang mengalami rangsangan seksual. Hmm kok bisa ya?

Keluarnya air mani atau disebut juga sebagai ejakulasi biasanya menjadi pertanda jika Anda sedang terangsang atau bahkan orgasme. Tapi ternyata air mani juga bisa keluar tiba-tiba tanpa adanya rangsangan seksual.

Kebocoran katup air mani atau spermatorrhea ini merupakan kondisi dimana pria mengalami ejakulasi yang tidak disengaja tanpa ereksi, orgasme, atau aktivitas seksual apapun.

Hal ini membuat pengeluaran air mani terjadi secara berlebihan tanpa disadari. Misalnya saat penderita berjalan, bergerak, atau bahkan sedang duduk seperti biasa.

 Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari kelelahan fisik, gangguan psikis, frekuensi masturbasi yang terlalu sering, infeksi saluran kelamin, hingga gangguan pada saraf.

Gejala Spermatorrhea umumnya ditandai dengan air mani yang menetes-netes. Kondisi ini dapat terjadi pada saat tidur, saat mengejan baik sebelum dan sesudah buang air kecil, ataupun sebelum berhubungan seksual.

Selain itu, penderitanya juga mengalami gangguan pencernaan, sakit kepala, depresi, kurang konsentrasi, kehilangan nafsu makan, keinginan untuk buang air kecil berulang, gatal di area genital, sakit punggung, detak jantung menjadi cepat, hingga penis lembek.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya Spermatorrhea. Misalnya seperti mengurangi masturbasi, hindari stress berlebih, menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim, dan lakukan pola hidup sehat (hindari merokok, konsumsi makanan bergizi, serta olahraga secara rutin).

Jika Anda mengalami kebocoran katup air mani dan terasa semakin parah, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter ya Sobat Sehat agar bisa diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi.