TIPS MEREDAKAN PUTING LECET UNTUK IBU MENYUSUI

Sebagian besar ibu menyusui pasti pernah mengalami puting lecet saat menyusui. Jika Sobat Sehat termasuk salah satunya, jangan panik ya! Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya!

Puting lecet saat menyusui merupakan masalah yang paling sering terjadi pada ibu menyusui. Kondisi ini bisa ditandai dengan munculnya bintik putih atau lecet pada puting, bahkan sampai berdarah.

Penyebab puting lecet bisa bermacam-macam. Misalnya seperti pelekatan yang kurang sempurna, posisi menyusui yang salah, penggunaan pompa asi yang tidak benar dan penggunaan bra yang terlalu ketat sehingga berisiko menimbulkan gesekan pada puting dan  membuatnya luka, serta infeksi atau peradangan pada jaringan payudara (mastitis). 

Masalah tali lidah atau tongue-tie juga bisa menyebabkan bayi kesulitan mengisap puting saat menyusu. Akibatnya puting jadi lecet atau nyeri saat menyusui.

Puting lecet memang bisa mengganggu proses menyusui. Tapi ada beberapa cara yang bisa Sobat Sehat lakukan untuk mengatasinya.

Pertama, jika puting susu lecet saat akibat penyumbatan, ibu bisa merendam atau mengompres puting dengan air hangat. Lakukan sebanyak 3-4 kali sampai penyumbatan berkurang. Pijatan lembut di sekitar puting juga bisa membantu penyumbatan berkurang.

Kemudian yang kedua, kurangi penggunaan sabun di daerah puting agar terhindar dari bahan yang mungkin mengiritasi.

Jika kulit di sekitar puting berdarah atau tampak pecah-pecah, gunakan pelembab khusus untuk mengatasinya. Tapi pastikan produk pelembab yang digunakan aman untuk si kecil yaa.

Tetap menyusui seperti biasa ya Sobat Sehat agar aliran asi terus terangsang untuk keluar. Selain itu, menyusui juga bisa membantu menghilangkan luka lecet sekaligus mencegah penyumbatan lanjutan. 

Selanjutnya, coba posisi yang berbeda untuk menyusui. Perbedaan posisi bisa mempengaruhi posisi mulut bayi dalam mengisap. Jika bayi mengisap dengan efektif, maka kejadian puting lecet bisa berkurang.

Mengusap puting yang lecet dengan asi juga bisa mengurangi ketidaknyamanan yang muncul akibat nyeri pada puting lho. Peras sekitar dua tetes asi, kemudian gosokkan ke sekitar kulit puting dengan lembut setiap selesai menyusui.

Sebelum kembali berpakaian, pastikan puting benar-benar kering ya Sobat Sehat. Selain itu, gunakan bra menyusui berbahan katun agar sirkulasi udara di payudara berjalan dengan baik.

Agar kondisi lecet tidak terjadi secara berulang, jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan dan merawat payudara selama menyusui. Jika menggunakan breastpad, jangan lupa untuk menggantinya secara teratur.

Jika kondisi puting lecet tak juga membaik atau malah menjadi semakin parah setelah melakukan cara tersebut, segera lakukan konsultasi dengan dokter.