TIPS MENGHILANGKAN FLEK HITAM WAJAH

Bagi para perempuan, flek atau noda hitam mungkin sudah jadi masalah kulit yang paling sering terjadi ya. Tapi jangan khawatir, kumpulan pigmen alami atau melanin yang berisi melanosome ini biasanya tidak membahayakan. 

Meski begitu, keberadaan noda di wajah ini terkadang membuat kita kurang percaya diri. Nah, kali ini kita akan cari tahu hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah ya, Sobat Sehat!
Yang pertama, kita bisa menggunakan skin care atau masker alami dari buah yang mengandung vitamin C. Kandungan antioksidan dari vitamin C dipercaya bisa membantu mencerahkan wajah. Antioksidan juga dapat melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit dan mengurangi kerutan dan penggelapan di wajah. 

Selain itu, antioksidan dapat mengurangi proses enzimatik yang menghasilkan melanin dan membantu mengurangi flek hitam. Tapi ingat ya, untuk penggunaan skin care, gunakan secukupnya sesuai takaran pada petunjuk pemakaian karena hasil yang didapatkan tidak langsung instan!

 Kedua, kita bisa menggunakan susu atau memilih skin care yang mengandung susu. Susu jenis buttermilk dan yogurt terbukti dapat memperbaiki warna yang kurang merata pada kulit, termasuk flek hitam. Kandungan asam laktat dan vitamin yang ada di dalam susu merupakan zat yang berperan dalam kesehatan kulit. Anda dapat meredam kapas ke dalam buttermilk dan mengoleskannya ke seluruh wajah atau bagian yang terdapat flek hitam. Biarkan mengering selama 20 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih. Anda dapat merasakan manfaatnya apabila melakukannya setiap hari secara rutin.

Ketiga, Anda dapat memanfaatkan ampas teh hijau untuk menghilangkan flek hitam. Teh hijau sejak dulu telah dipercaya meremajakan dan mencerahkan kulit. Selain itu, teh hijau juga bisa menghilangkan noda akibat polusi yang menempel serta mengangkat sel-sel kulit mati. Inilah yang menyebabkan teh hijau dirasa ampuh untuk menghilangkan flek maupun noda hitam pada wajah. 

Anda bisa menggunakan ampas teh hijau sebagai masker dengan cara mengeluarkan ampas yang sudah dari kantongnya dan memindahkannya di wadah yang bersih. Tambahkan madu dan tambahkan sedikit air lalu diamkan semalaman.

Itulah langkah-langkah mudah yang bisa sobat sehat lakukan untuk mengurangi flek dan noda hitam pada wajah. Namun sebelum itu, sobat sehat disarankan untuk mengkonsultasikan jenis kulit pada dokter supaya mengetahui langkah-langkah dan kandungan yang tepat untuk mengatasi noda hitam.

Apabila terjadi reaksi yang kurang nyaman setelah penggunaan, bisa langsung hubungi dokter demi mencegah efek samping lainnya.