TIDUR SIANG TERNYATA BANYAK MANFAATNYA LHO!

Saat masih kecil, waktu untuk tidur siang nyaris tidak pernah terlewatkan. Namun semakin dewasa dan sibuk dengan aktivitas juga pekerjaan, waktu istirahat tidur siang mulai ditinggalkan.

Padahal tidur siang bisa memberikan efek positif bagi tubuh, meskipun hanya sebentar. Tidur siang yang cukup tak hanya baik untuk kesehatan fisik tapi juga baik untuk kesehatan mental.

Lalu, apa saja manfaat tidur siang yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh?

1. Meningkatkan Daya Ingat

Tidur siang bisa bermanfaat menambah energi dan kinerja otak. Dalam sebuah riset mengatakan jika rutin tidur siang bisa bermanfaat menambah daya ingat atau memori dan kemampuan untuk mengolah informasi atau hal-hal baru. 

2. Memperbaiki Suasana Hati

Tidur siang juga baik untuk memperbaiki mood atau suasana hati. Jika Anda sedang merasa sedih, cobalah untuk tidur siang sejenak agar suasana hati bisa meningkat. 

3. Lebih Baik daripada Mengkonsumsi Kafein

Jika Anda merasa lelah namun harus tetap bekerja atau belajar, cobalah untuk tidur siang sejenak. Sebab, tidur siang bisa membawa manfaat yang lebih baik daripada kafein.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Stress dan kelelahan bisa menjadi penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tidur siang diketahui bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Dengan tidur siang selama 45-60 menit akan bisa menurunkan tekanan darah setelah mengalami stress psikis. 

Beberapa orang mungkin sulit tidur siang karena harus menyelesaikan pekerjaan ataupun karena aktivitas yang padat. Selain itu, beberapa orang dengan kondisi medis tertentu yang mengalami gangguan tidur juga tidak dianjurkan untuk tidur siang karena dikhawatirkan bisa memperparah gejala yang dialami. Konsultasikan dengan dokter apabila Anda mengalami gangguan tidur dan sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

Source: dikutip dari berbagai sumber