TIPS MEMILIH TENSIMETER UNTUK DI RUMAH

Tensimeter merupakan salah satu alat kesehatan yang perlu Anda miliki di rumah, apalagi jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat hipertensi. Adanya tensimeter di rumah dapat berguna untuk memantau tekanan darah. 

Mengukur tekanan darah secara berkala di rumah dapat mengurangi biaya ke dokter. Selain itu, rutin mengukur tekanan darah di rumah juga bisa menghasilkan angka tekanan darah yang lebih akurat. Menurut penelitian, pasien yang rutin cek tekanan darah di rumah bisa mengendalikan gejala hipertensi dengan lebih baik karena merasa terlibat aktif dalam perawatannya. 

Jika Anda sedang kebingungan mencari alat tensi untuk di rumah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Simak tips berikut ya!

Tentukan Jenis Tensimeter

Terdapat beragam model dan jenis tensimeter yang dijual bebas di apotek, toko alat kesehatan, ataupun toko online.Selain tensimeter yang digunakan secara manual, ada juga tensimeter digital. 

Menggunakan tensimeter manual cukup sulit dilakukan oleh orang awam. Sebaiknya Anda memilih jenis alat ukur tensi ini jika ada tenaga medis dalam anggota keluarga. 

Berbeda dengan tensimeter manual, tensimeter digital lebih praktis dan mudah digunakan. Setelah memasang manset di lengan, Anda hanya perlu menekan tombol dan menunggu sensor untuk membaca tekanan darah Anda.

Pastikan Ukuran Manset Sesuai

Ukuran manset yang tidak sesuai rupanya bisa mempengaruhi pengukuran menjadi kurang tepat. Manset yang terlalu kecil atau ketat bisa membuat pengukuran tekanan darah menjadi lebih tinggi. Sedangkan manset yang terlalu longgar dapat membuat pengukuran menjadi lebih rendah. 

Cek Akurasi

Untuk memastikan keakuratannya, setiap alat tensi darah harus melalui serangkaian protokol terstandar. Karenanya, pastikan tensimeter yang Anda pilih telah diuji, divalidasi, dan disetujui keakuratannya oleh organisasi yang telah terakreditasi seperti European Society of Hypertension (ESH), The British Hypertension Society atau The US Association for the Advancement of Medical Instrumentation (AAMI).

Pilih yang Sesuai dengan Kebutuhan

Harga tensimeter bisa berbeda-beda di pasaran tergantung dengan merk dan fiturnya. Sebaiknya, pilih alat pengukur tekanan darah yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Selain beberapa melakukan cara memilih tensimeter di rumah tersebut, sebaiknya Anda membeli tensimeter di tempat yang telah terjamin. Misalnya seperti di Apotek K-24.

Jika Anda masih ragu untuk memilih tensimeter mana yang sebaiknya digunakan di rumah, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Apotek K-24. Anda juga bisa mengecek rekomendasi tensimeter di Apotek K-24 di sini. 


Source: 

Dikutip dari berbagai sumber